get app
inews
Aa Read Next : Gerakan Spontan Karyawan Lonsum Dukung Pelestarian Lingkungan, Tanam Pohon Buah untuk Penghijauan

Done! Tak Hanya RSUD Rupit, Dirut PLN Langsung Perbaiki Kualitas Listrik Kabupaten Muratara

Sabtu, 01 Juni 2024 | 20:15 WIB
header img
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (dua dari kanan) bersama jajaran, saat melakukan inspeksi jaringan yang melistriki RSUD Rupit, Kabupaten Muratara, Sabtu (1/6/2024). (iNewspalembang.id/ist)

RUPIT, iNewspalembang.id – Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo langsung terjun meningkatkan layanan kelistrikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rupit di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu (1/6/2024).

Gerak cepat PT PLN (Persero) tersebut, dampak dari dua hari lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta peningkatan pasokan listrik di Kabupaten Muratara.

Darmawan Prasodjo menyampaikan, kehadirannya di RSUD Rupit untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi dan bukan hanya meningkatkan keandalan listrik di RSUD Rupit, tetapi seluruh daerah Kabupaten Muratara.

Pihaknya, sambung Darmawan, telah melakukan pengecekan dan memetakan kondisi yang terjadi di lapangan. Hasilnya, terjadi penurunan keandalan yang disebabkan jarak jaringan distribusi yang sangat panjang, mencapai 70 kilometer dengan kondisi geografis melewati perbukitan dan perkebunan.

"Untuk solusi cepat, kondisi tegangan yang tidak stabil dan mengalami penurunan keandalan di RSUD sudah kami selesaikan,” ujar dia dari keterangan resminya, Sabtu (1/6/2024).

Darmawan mengatakan, sebagai solusi jangka pendek, PLN sudah memasang infrastruktur penunjang yang dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. RSUD Rupit yang sebelumnya hanya dipasok dari 1 penyulang (jalur pasokan), sekarang menjadi 2 penyulang.

“Bahkan kami tambah jaringan khusus untuk RSUD. Sehingga dalam waktu cepat masalah ini bisa diselesaikan,” kata dia.

Untuk meningkatkan keandalan listrik yang stabil di Muratara, ungkap Darmawan, PLN juga melengkapi gardu hubung menggunakan kapasitor sehingga suplai listrik menjadi semakin andal.

Tidak hanya solusi jangka pendek bagi RSUD, PLN juga telah menyiapkan solusi jangka panjang berupa penambahan infrastruktur gardu induk dan transmisi. Infrastruktur ini akan meningkatkan keandalan dan kualitas pasokan listrik secara permanen di seluruh Kabupaten Muratara.

"Kita langsung membangun infrastruktur yang permanen dan kokoh. Kami percepat pembangunan transmisi dan gardu induk agar bisa diselesaikan pada tahun depan,” ungkap dia seraya menambahkan, bersama jajarannya, juga melakukan pertemuan dengan Bupati Muratara, Devi Suhartoni dan Direktur RSUD Rupit Ladonna Sianturi.

Sementara, Bupati Muratara, Devi Suhartoni menuturkan, terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan listrik andal untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Rupit.

“Tidak ada kata selain kebahagiaan, harapan listrik kita andal sudah diselesaikan. Kami ucapkan ribuan terima kasih kepada Pak Dirut dan seluruh tim yang telah meningkatkan keandalan listrik, tidak hanya untuk RSUD Rupit, tetapi juga untuk Kabupaten Muratara,” tutur dia.

“Kami selaku pemerintah kabupaten siap berkolaborasi bersama PLN, mendukung penuh pengembangan kelistrikan di Muratara,” imbuh dia.

Direktur RSUD Rupit, dr Ladonna Sianturi mengapresiasi gerak cepat PLN melakukan peningkatan keandalan listrik di rumah sakitnya.

“Kami sangat apresiasi gerak cepat Bapak Dirut PLN yang langsung hadir di RSUD Rupit menindaklanjuti arahan Bapak Presiden meningkatkan keandalan listrik di RSUD ini. Hari ini sudah terlihat, kelistrikan di sini sudah baik,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut