get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Poltracking Indonesia Sebut Elektabilitas Anis Baswedan Dominasi 3 Provinsi Pulau Jawa

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:15 WIB
header img
Anies Baswedan saat berada di Taman Musafir di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan, beberapa hari lalu. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas dari bakal kandidat Presiden RI di 5 provinsi Pulau Jawa.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda, dari hasil survei satu persatu kekuatan elektoral para kandidat tersebut elektabilitas Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 terus menguat.

“Anies (Baswedan) dominan dan kokoh di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat,” ujar dia, Kamis (15/12/2022).

Hanta mengungkapkan, khusus di DKI Jakarta Anies mendapatkan elektabilitas sebesar 49,6 persen. Berikutnya Ganjar Pranowo sebesar 27,5 persen dan diikuti Prabowo Subianto dengan elektabilitas 14,7 persen.

"Ini potret kekuatan elektoral bakal calon presiden di Ibu kota Jakarta. Bisa dilihat, Anies sebagai mantan gubernur cukup kuat, dominan secara elektoral di Jakarta," ungkap dia.
Hanta menyebut, keunggulan Anies tak hanya di DKI Jakarta namun juga unggul di Banten dengan elektabilitas sebesar 47,6 persen. Lalu ada Prabowo 28,5 persen dan Ganjar 16,1 persen.

"Bisa kita lihat wilayahnya Anies cukup dominan. Separuh Jakarta basis Anies, separuh pemilih Banten juga basisnya Anies," kata dia.
Untuk wilayah Jawa Barat, Anies unggul dengan elektabilitas sebesar 36,3 persen. Kemudian disusul Prabowo dengan 30,8 persen dan Ganjar 18,7 persen.

Berbeda di Jawa Tengah, terang Hanta, Ganjar lebih unggul dengan 71,4 persen, sedangkan Prabowo 10,8 persen dan Anies 9,0 persen.

“Untuk Jawa Timur, Ganjar juga unggul 36,1 persen, dan di posisi kedua ada Prabowo 25,5 persen dan Anies 19,6 persen,” terang dia.

Hanta melanjutkan, Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei diDKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 26 November-2 Desember 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sampel pada masing-masing provinsi adalah 1.000 responden dengan margin of error ±3,1 persen pada setiap provinsi dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Survei Capres 5 Provinsi Pulau Jawa: Anies Unggul di DKI, Banten, Jabar, Ganjar di Jateng dan Jatim ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/survei-capres-5-provinsi-pulau-jawa-anies-unggul-di-dki-banten-jabar-ganjar-di-jateng-dan-jatim/2.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut