get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Survei LSJ Sebut Sebaran Pemilih Jokowi Dominan Beri Dukungan ke Prabowo Subianto

Kamis, 25 Mei 2023 | 16:45 WIB
header img
Hasil survei LSJ menyebut pemilih Jokowi dominan memberikan dukungan kepada capres Prabowo Subianto. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Pemilih Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 disebut memberi dukungannya kepada calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Hal itu dipaparkan Lembaga Survei Jakarta (LSJ) dalam 'Perkembangan Elektabilitas Capres Serta Kecenderungan Pilihan Publik Tentang Cawapres Jelang Pemilu 2024' sesuai hasil survei yang dipublikasikan, Rabu (24/5/2023),

Menurut Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto, lembaga mereka mencoba membaca pola pilihan responden dalam Pilpres 2019 dan prediksi Pilpres 2024 jika diadakan saat ini. 

LSJ menggunakan analisis cross tabulation pada tabel itu mengungkap Prabowo Subianto mendapat dukungan terbesar dari pemilih yang sebelumnya mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 dengan persentase mencapai 44,3 persen.

"Ganjar Pranowo mendapat dukungan 33,2 persen, lalu Anies Baswedan 9,8 persen. Ada juga 12,7 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak memberikan jawaban," ujar Fetra.

Satu faktor yang sangat dipertimbangkan oleh masyarakat dalam menentukan pilihan pada Pilpres, ungkap Fetra, adalah kemampuan atau kapabilitas calon presiden dalam memecahkan masalah (52,5 persen). 

Faktor-faktor primordial seperti agama dan latar belakang suku bangsa, sambung dia, tidak begitu berpengaruh dalam pertimbangan mereka.

“Demikian pula, faktor party id dan imbalan (money politics) tidak menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan mereka," ungkap dia.

Fetra menjelaskan, survei LSJ ini dilakukan pada 9-17 Mei 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah 1.200 responden WNI sudah berusia 17 tahun ke atas yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistage random sampling).

Margin of error survei kali ini yakni sekitar 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen tinggal di pedesaan dan 40 persen di perkotaan. Quality control terhadap hasil wawancara petugas lapangan dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh para supervisor LSJ.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Survei LSJ, Pemilih Jokowi Cenderung Pilih Prabowo Subianto di Pilpres 2024 ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/survei-lsj-pemilih-jokowi-cenderung-pilih-prabowo-subianto-di-pilpres-2024/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut