get app
inews
Aa Read Next : KPPIP Klaim Proyek Strategis Nasional di Sumsel on the Track, Wahyu Utomo: kecuali Ada Satu

Ini 11 Manfaat yang Terkandung Dalam Seduhan Kopi Sumsel, Bisa Menurunkan Risiko Kematian Lho

Minggu, 12 Mei 2024 | 15:15 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menunjukan salah satu varian Kopi Sumsel di sela-sela launching Kopi Sumsel di Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Minggu (12/5/2024).

PALEMBANG, iNewspalembang.id -  Ada banyak alasan, mengapa Kopi Sumsel akan menjadi komoditi andalan dan dicintai oleh penikmat kopi di Tanah Air.

Karena dari Kopi Sumsel yang telah diseduh dan dinikmati, mengandung banyak manfaat dan memang dibutuhkan bagi tubuh kita. Setidaknya 11 manfaat meminum Kopi Sumsel ini.

Manfaat Kopi Sumsel ini yakni mampu menjaga fungsi otak, meningkatkan daya ingat, menjaga kadar gula darah, mencegah depresi, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan energi, menjaga kesehatan hati, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kematian, mengontrol gejala parkinson dan menjaga peradangan pada tubuh.

“Nah jadi bisa dibayangkan ada 11 manfaat Kopi Sumsel, untuk itu kita harus bela, beli dan cintai Kopi Sumsel," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, di sela-sela launching Kopi Sumsel di Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Minggu (12/5/2024).

Dengan nada optimistis, Fatoni mengatakan, Kopi Sumsel dengan beragam manfaat yang terkandung, bisa dapat mendunia dan dicintai oleh para penikmat kopi di Indonesia. 

"Ini hari yang sangat bersejarah. Momentum kita bersama untuk bisa mengangkat Kopi Sumsel mendunia, dengan bersama kita lakukan upaya-upaya. Saya berharap kepada seluruh pecinta kopi, pelaku usaha agar bisa membranding kopinya menjadi Kopi Sumsel," kata dia.

Untuk menegaskan Kopi Sumsel mampu menjadi komoditi andalan baik di Bumi Sriwijaya maupun di Tanah Air, maka Pemprov Sumsel segera menerbitkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang Kopi Sumsel.

"Juga kita perkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) yang Insya Allah minggu ini akan kita keluarkan dan tinggal meminta Kepala Dinas Perkebunan untuk kajiannya. Setelah itu kita terbitkan Perda-nya dan dikoordinasikan dengan DPRD dan Alhamdulillah Ibu Ketua DPRD merespon baik," ungkap dia.

Pergub tersebut, jelas Fatoni, akan menjadi dasar hukum yang kuat untuk menjadikan Kopi Sumsel menjadi tuan rumah bagi kopi di Sumsel.

"Pertama kita perkuat dengan dasar hukum dan langkah konkret, selanjutnya peremajaan kopi satu juta pohon kopi sudah dilakukan. Untuk bidang pertanian khususnya lahan, kita sudah menambah banyak lahan yang akan ditanami komoditi-komoditi andalan di Sumsel, kita perbaiki tata kelolanya, kita pasok dan bantu pupuk subsidi untuk para petani kopi," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut