get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Imam Pasli Sebut HUT RI Jadi Momentum Simbol Kebangkitan Kabupaten Lahat

Lantik Penjabat Bupati Lahat, Banyuasin dan Muara Enim, Pj Gubernur Sumsel Ingatkan Sejumlah Hal Ini

Selasa, 23 Juli 2024 | 08:15 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi bersama Pj Bupati Lahat, Imam Pasli, saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Griya Agung Palembang, Senin, (22/7/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Tiga Penjabat (Pj) Bupati untuk Kabupaten Lahat, Banyuasin dan Muara Enim, resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan secara serentak oleh Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, di Griya Agung Palembang, Senin, (22/7/2024).

Mereka yang dilantik tersebut yakni, Pj Bupati Lahat Imam Pasli menggantikan M Farid. Pj Bupati Banyuasin M Farid menggantikan Hani Syopiar Rustam. Kemudian, Pj Bupati Muara Enim Hengky Putrawan menggantikan Ahmad Rizali, yang mengundurkan diri. 

Elen Setiadi menyampaikan, kepada tiga Pj Bupati yang dilantik ini diharapkan dapat memberi yang terbaik, amanah dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena, tanggungjawab besar ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Elen juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pj Bupati sebelumnya yang telah mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan dan kesejahteraan daerah yang telah dipimpinnya.

“Ada beberapa tugas yang perlu mendapatkan perhatian khusus, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November 2024 mendatang. Karena, Pilkada bukan hanya butuh persiapan, namun harus diantisipasi  segala kemungkinan yang terjadi sehingga mengganggu agar berjalannya proses demokrasi,” ujar dia.

Dalam kondisi seperti ini, kata dia, kerja sama dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan. Bentuk jalinan komunikasi yang baik antar instansi maupun masyarakat.

“Sesuai amanat pemerintah yang telah disampaikan beberapa waktu yang lalu, bahwa seluruh ASN harus menjaga netralitasnya selama Pemilu,” tegas dia.

Tak lupa, Elen terus mengingatkan jajaran ASN untuk tetap netral, tidak ikut dalam politik praktis dengan menjadi anggota tim pemenangan ataupun ikut serta berkampanye pasangan calon tertentu.

Makanya, sambung dia, diperlukan dukungan dari semua pihak agar tercipta Pilkada di tahun ini menjunjung tinggi nilai kejujuran, bersih, transparan dan adil.

“Mari bersama-sama kita wujudkan Sumatera Selatan ada dalam zero konflik dan pastikan tidak ada kegiatan yang dapat menimbulkan terjadinya potensi konflik,” tegas dia.

Selain itu, Elen juga mengingatkan para kepala daerah di Sumsel untuk melakukan aksi nyata dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mengingat saat ini sudah masuk  musim kemarau. 

“Kita harus berupaya mencegah hal serupa jangan sampai terulang lagi, kita juga harus mampu meminimalisir dan menekan penyebaran titik api dan mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi hendaknya dapat dilakukan sejak dini,” jelas dia.

"Kepada Penjabat Bupati yang baru dilantik, saya minta tetap fokus pada skala prioritas, yaitu pengendalian inflasi, penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem, penanggulangan bencana, serta persiapan pelaksanaan dalam menghadapi Pilkada Serentak,” tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut