get app
inews
Aa Read Next : Terkait Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah, Kejati Sumsel Bawa Mantan Ketua KONI Sumsel ke Rutan Pakjo

Pengurus Dinilai Tak Mampu dan Diminta Mundur, Sekum KONI Sumsel Beri Tanggapan Begini

Senin, 01 April 2024 | 11:35 WIB
header img
Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia Sumsel, M Asrul Indrawan. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Pengurus KONI Sumsel disarankan untuk mundur bila sudah tak sanggup mengurus persoalan operasional kantor dan persiapan untuk PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut diutarakan Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia Sumsel, M Asrul Indrawan, lantaran insan olahraga di Sumsel menyayangkan pimpinan KONI Sumsel belum mampu mengatasi persoalan anggaran yang berpengaruh pada mandeknya operasional pembinaan olahraga.

"Sebagai insan olahraga dan Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia Sumsel, tentu menyangkan kejadian ini. Karena sangat memberatkan para atlet dan para pelatih menjelang PON nanti," ujar dia, Senin (1/4/2024). 

Asrul mengatakan, semua atlet butuh amunisi seperti vitamin, makanan, pelatihan, pengawalan dari pelatih dan ofisial, untuk bisa merebut medali emas di PON Aceh Medan nanti. Bila kondisi KONI Sumsel didiamkan saja dan tidak diambil alih Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, bisa dipastikan kondisi atlet akan lebih berbahaya.

Pimpinan kepengurusan KONI Sumsel yang ada saat ini, sambung dia, tidak usah repot-repot, karena masih banyak pegiat olahraga di Bumi Sriwijaya ini mampu mengurus KONI ini. 

"Kalau tidak sanggup mengurus KONI, ya mundur saja. Kalau memang tidak mampu, sudah lepaskan. Untuk apa dibiarkan terjadi, malah membuat kisruh di dunia olahraga Sumsel," kata dia.

Asrul menilai, bila persoalan mengatasi pembayaran sekuriti, gaji karyawan, biaya rekening listrik maupun tagihan PAM KONI tidak mampu ditanggulangi, bukan tak mungkin bisa menjadi preseden buruk berkelanjutan. Seolah-olah, sambung dia, tidak ada orang yang mampu mengurus KONI Sumsel.

Tak hanya itu, Asrul yang sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai Ketua KONI Sumsel, mempertanyakan uang sejumlah Rp500 juta yang menjadi satu syarat pendaftaran tersebut. Karena, uang sejumlah itu diperuntukkan guna membayar gaji karyawan, bayar listrik, bayar PAM. 

Sementara terpisah, Sekretaris Umum KONI Sumsel Tubagus Sulaiman menjelaskan, pihaknya sudah berusaha maksimal dan meminta semua pihak bersabar agar permasalahan keuangan ini bisa terselesaikan. 

"Untuk memenuhi karyawan ini jumlahnya besar, kami berharap  bersabar kami akan carikan solusinya. Kenapa dulu 6 bulan bisa bersabar menunggu sekarang hanya 3 bulan ini tidak bisa bersabar," jelas dia.

Tubagus menerangkan, terkait masalah anggaran, ketika rapat pengurus yang baru tidak tahu akar masalahnya itu, mengapa sudah dianggarkan Rp 20,5 untuk PON tetapi dibintangi. 

"Waktu rapat itu Ketua DPRD menjelaskan kenapa tidak bisa dicairkan, karena tidak memenuhi dan tidak bisa diverifikasi oleh Komisi V dan itu dari proposal yang lama tahun 2023 di bulan Juli bukan dari kita," terang dia.

Berdasarkan penjelasan dari Plt Dirjen Kemendagri, kata Tubagus, hal ini sudah salah dari awal Komisi V DPRD dan KONI Sumsel memang tidak bisa di cairkan.

“Jadi solusinya ke pasal 68 PP nomor 12 tahun 2019, untuk keadaan mendesak jadi Pj Gubernur Sumsel bisa mengeluarkan kebijakan perubahan aturan keuangan daerah,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut