get app
inews
Aa Read Next : Ini Sejumlah Tips dari PLN, Menghadapi Kondisi Cuaca Buruk dan Musim Penghujan

PLN Klaim Kelistrikan Pulih 100 Persen, Pasca-cuaca Ekstrem dan banjir Besar di Sumsel

Jum'at, 26 Januari 2024 | 07:25 WIB
header img
Salah satu gardu milik PLN yang sudah terendam akibat banjir besar di wilayah Sumsel, sejak 12 Januari lalu. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Sebanyak 209 gardu yang dikelola PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat ikut terdampak akibat banjir yang melanda sejumlah wilayah Sumsel beberapa waktu lalu.

Terdampaknya daerah seperti Musi Rawas Utara (Muratara), Lahat, dan Lubuk Linggau, memaksa PLN melakukan pemadaman untuk mengamankan gardu yang terendam demi keamanan dan keselamatan masyarakat. 

Tidak hanya itu, bencana banjir juga melanda sebagian kecamatan di wilayah kerja PLN UP3 Palembang, diantaranya Kecamatan Sanga Desa, Kecamatan Lawang Wetan, Kecamatan Babat Toman, dan Kecamatan Musi Banyuasin.

Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi, Frans Handoko menyatakan, tim percepatan suplai listrik segera mengupayakan pemulihan kelistrikan secara bertahap. Kemudian daerah yang sudah surut atau aman dari banjir dinormalkan sesegera mungkin.

"Manuver kelistrikan juga dilakukan agar pemulihan dapat berlangsung cepat. Namun, beberapa daerah dimana gardu terendam terpaksa menunggu surutnya air," ujar dia, Kamis (25/1/2024).

Frans mengatakan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah setempat dan jajaran stakeholder, seperti BPBD, TNI, Polri, dan dinas terkait demi kelancaran upaya penormalan kelistrikan. 

Pada Rabu (24/1/24) kemarin, sambung dia, PLN berhasil menormalkan 100% kelistrikan 6.246 pelanggan terdampak di Muratara, Lahat, dan Lubuk Linggau. Tidak hanya itu, banjir di wilayah Musi Banyuasin (Muba) yang berdampak pada 20 gardu juga berhasil dinormalkan 100% pada 22 Januari 2024 lalu.

“Alhamdulillah, Pukul 10.00 WIB (Rabu) kemarin, kelistrikan terdampak hujan deras dan banjir di wilayah kerja PLN UP3 Lahat sudah normal 100 persen. Penormalan kelistrikan wilayah kerja UP3 Palembang di 4 kecamatan yaitu Sanga Desa, Lawang Wetan, Babat Toman, dan Muba juga berhasil dinormalkan 100 persen pada 22 Januari pukul 17.00 WIB," kata dia. 

“Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi pemerintah daerah setempat, semua stakeholder atas kolaborasinya mendukung percepatan penormalan kelistrikan pada wilayah kerja PLN UP3 Lahat yang terdampak banjir. Khususnya masyarakat, atas pengertian serta koordinasi yang baik sehingga tim kami di lapangan dapat melaksanakan tugas dengan optimal” imbuh dia.

Sementara, Plh General Manager PLN UID S2JB, Bambang Yusuf mengingatkan, agar masyarakat lebih antisipatif terhadap kondisi cuaca hujan deras dan banjir. Bila terjadi kondisi darurat, agar dapat segera melapor ke unit layanan PLN terdekat, atau melalui PLN Mobile dan call center 123.

“Ini musimnya banjir, masyarakat kami harap mulai lakukan antisipasi. Jika lokasi sekitar rumahnya sudah pernah terkena banjir, saat hujan deras hendaknya mengamankan peralatan elektronik. Matikan listrik, bisa dari KWH meter jika air sudah mulai masuk ke rumah. Hubungi kami melalui unit terdekat, PLN Mobile, atau Call Center jika terjadi kondisi darurat yang membahayakan kelistrikan di lingkungan sekitarnya.” tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut