get app
inews
Aa Read Next : Peduli Warga Terdampak Banjir di Palembang, Caleg Partai Perindo Bantu Sembako dan Kesehatan Gratis

Dampak Bencana Banjir di Muba, TMA di Sebagian Jalan Lintas Kabupaten masih Mencapai 60 cm

Jum'at, 26 Januari 2024 | 17:35 WIB
header img
Kendaraan operasional BPBD Muba tampak melewati salah satu jalan poros yang TMA masih mencapai 60 cm. (iNewspalembang.id/ist)

SEKAYU, iNewspalembang.id – Sebagian jalan lintas yang menghubungkan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan kabupaten lain masih tergenang banjir dan menghambat mobilitas warga.

Kepala BPBD Muba, Pathi Riduan SE ATd MM menyatakan, perkembangan kondisi genangan air di jalan poros Sekayu - Lubuk Linggau khususnya di Desa Kemang, Kecamatan Sanga Desa, tinggi muka air (TMA) sudah 0 cm di atas jalan dan arus lalu lintas lancar.

“Kemudian jalan Sekayu - Lubuk Linggau di Desa Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman (Simpang Pinago) TMA lebih kurang 5 cm di atas jalan dan untuk arus lalu lintas lancar," ujar dia, Jumat (26/1/2024).

Kemudian, ungkap Pathi, kondisi jalan Sekayu - Lubuk Linggau di Desa Ulak Teberau, Kecamatan Lawang Wetan, TMA masih mencapai 15 cm, namun arus lalu tetap berjalan baik.

Jalan lintas Sukarami - C2 Sungai Lilin di Desa Sukarami dan Desa Pandan Dulang, TMA mencapai 65 cm turun sekitar 10 cm, arus di jalan masih cukup deras, mobilitas warga masih terhambat.

"Untuk jalan poros Sekayu - Bandar Jaya (jalan Biduk Buruk Selarai) Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, TMA masih bertahan 60 cm dan mobilitas warga masih terhambat. Lalu, jalan Bandar Jaya – Keluang di Desa Bandar Jaya Kecamatan Sekayu, TMA lebih kurang 1 m dari titik jalan terendah dan mobilitas warga terhambat," ungkap dia.

Kondisi di jalan poros lainnya, jelas Pathi, untuk jalan Lintas Sekayu - Lubuk Linggau di Desa Mangun Jaya dan Desa Kemang, sudah dapat dilalui karena banjir di jalan sudah surut.

Berikutnya, di jalan lintas yang mengarah ke Kecamatan Keluang dan Sungai Lilin masih terhambat, karena ketinggian air masih sekitar 60 - 100 cm dari titik terendah jalan.

"Kondisi jalan di Desa Ulak Teberau sudah dapat dilalui, namun banjir masih cukup deras dengan ketinggian air sekitar 15 cm," jelas dia.

Sementara, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengimbau, agar pengguna lalu lintas dan warga pedesaan yang terdampak banjir untuk selalu waspada dan hati-hati.

"Ancaman banjir masih terjadi di Muba, bagi warga yang diharuskan untuk mengungsi ke posko yang disediakan," tegas dia.

Apriyadi menambahkan, pihaknya tetap terus menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Muba.

"Mari kita terus berdoa agar banjir segera surut. Juga kita jaga lingkungan bersama dan bergotong royong membersihkan lingkungan pasca-banjir, untuk mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan akibat banjir,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut