get app
inews
Aa Read Next : Dampak Bencana Banjir di Muba, TMA di Sebagian Jalan Lintas Kabupaten masih Mencapai 60 cm

Daftar 10 Sungai di Sumsel yang Masuk Status Siaga, Dampak Curah Hujan Tinggi

Sabtu, 13 Januari 2024 | 17:35 WIB
header img
Kondisi pemukiman warga di Kabupaten Muratara yang masih terendam akibat banjir besar. Tingginya curah hujan di Sumsel membuat sejumlah sungai masuk status siaga. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Hidrologi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII menyebut tingginya intensitas hujan menjadikan 10 sungai di Sumsel masuk status siaga.

Menurut Kepala Tim Hukum dan Komunikask Publik BBWS Sumatera VIII, Didi Zulfikar, status siaga untuk sungai di Sumsel tersebut lantaran tinggi muka air (TMA) pada debit air sungai meningkat sekitar 4 hingga 9 meter.

“Hal ini berimbas pada aliran anak sungai juga meningkat sehingga air susah mengalir,” ujar dia, Sabtu (13/1/2024).

Didi mengatakan, status siaga satu pada sungai di Sumsel tersebut yakni, pada Automatic Water Level Recorder (AWLR) Sekanak di Sungai Musi Palembang, AWLR Semangus di Sungai Musi Kabupaten Musi Rawas (Mura), AWLR Babatan Saudagar di Sungai Ogan Kabupaten Ogan Ilir (OI), AWLR Balai Agung di Sungai Musi di Kabupaten Muba.

Berikutnya, di AWLR Muara Rupit di Sungai Rawas Kabupaten Muratara, AWLR Modong di Sungai Lematang Kabupaten Muara Enim, dan AWLR Pengumbuk di Sungai Musi di Kabupayen Banyuasin.

“Kita mengimbau masyarakat yang rumahnya di dekat bantaran sungai untuk siap mengantisipasi banjir, bila curah hujan harian tinggi. Lalu memelihara kebersihan saluran drainase perumahan atau sungai, serta tak membuang sampah sembarangan," kata dia.

Didi mengungkapkan, untuk sungai dengan status siaga dua, yakni di AWLR Serijabo di Sungai Ogan, dan AWLR Sungai Rotan di Sungai Lematang, serta sungai dengan status siaga tiga, di AWLR Rambang di Sungai Rambang.

"Proses AWLR ini terkait dengan pasang surut Sungai Musi pada bulan Desember dan Januari yang mencapai puncaknya," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut