get app
inews
Aa Read Next : Gelombang Amicus Curiae di MK, Disebut Kubu Ganjar-Mahfud Bukti Publik Peduli Demokrasi Indonesia

Jelang Debat Keempat Pilpres 2024, Pasangan Ganjar-Mahfud Siap bila Bahas Konflik Wadas

Minggu, 21 Januari 2024 | 16:05 WIB
header img
Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo saat menyampaikan pidato politik pada kampanye akbar perdana Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Lapangan Tegalega, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Debat keempat Pilpres 2024 yang digelar KPU di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024), ditengarai bakal menyeret konflik Wadas, di Jawa Tengah (Jateng).

Nah terkait bila konflik Wadas menjadi pembahasan dalam debat keempat Pilpres 2024 malam ini, Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menyatakan sudah siap.

Ganjar Pranowo menyatakan, hal yang bagus bila konflik Wadas di bahas dalam debat tersebut.

“Sebaiknya dibahas. Ini akan jadi ajang klarifikasi,” ujar dia, Minggu (21/1/2024).

Diketahui, konflik Wadas ini soal pembangunan Bendungan Bener di Purworejo dan sering dikaitkan dengan Ganjar sebagai Gubernur Jateng periode 2013-2023.

Ganjar menyebut, kerap menjadi kambing hitam dalam kasus ini. Padahal, program pembangunan Bendungan Bener yang memerlukan pasokan material dari penambangan batu di Wadas bukan program Pemprov Jateng. 

“Proyek yang menjadi akar persoalan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” kata dia.

Bendungan Bener merupakan satu dari 48 proyek bendungan dalam daftar 201 PSN berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2020.

Ganjar menegaskan, bahwa konflik soal penambangan batu andesit di Wadas untuk keperluan pembangunan Bendungan Bener di Purworejo sudah tuntas.

"Saya selesaikan meskipun itu bukan program Pemprov. Karena kami dilatih bertanggung jawab dan selesai. Insya Allah selesai," tegas dia. 

Bahkan, jelas Ganjar, selama proses tersebut dia tak segan mendatangi warga Desa Wadas. Kemudian, dia memohon maaf kepada warga dan mengajak mereka mencari penyelesaian yang mengedepankan musyawarah mufakat. 

"Tak usah saling menyakiti hati perasaan warga, diajak rembugan semuanya. Nanti panjenengan yang sudah mendapat ganti rugi, uangnya jangan dipakai sembarangan, untuk beli tanah atau rumah pengganti," jelas dia.

Sementara, Mahfud MD meneruskan, tidak ada pelanggaran HAM dalam penanganan konflik Wadas.  Karena, dari laporan Komnas HAM yang resmi, tertulis, dan diumumkan ke publik dengan tegas menyebut Wadas itu tidak ada pelanggaran HAM.

“Komnas HAM telah menyatakan bahwa semua prosedur terkait proyek di Wadas telah dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Kalau tidak percaya, tanya saja ke Komnas HAM,” kata dia. 

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu menambahkan, ketika kasus Wadasr mencuat, pihaknya langsung mendorong penyelidikan lebih lanjut, termasuk meminta Komnas HAM melakukan penyelidikan juga. 

“Silakan saja kalau mau dibahas dalam debat nanti. Memang kenapa kalau mau ditanya? Bagus juga,” tandas dia. 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ganjar-Mahfud Siap jika Konflik Wadas Dibahas dalam Debat Keempat Capres-Cawapres 2024 ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/ganjar-mahfud-siap-jika-konflik-wadas-dibahas-dalam-debat-keempat-capres-cawapres-2024/2.


 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut