get app
inews
Aa Read Next : Sidang PHPU Pilpres 2024: Menko PMK Sebut Bagi Bansos Jelang Pemilu Jaga Daya Beli Masyarakat Miskin

Terkait Hak Angket Pemilu 2024, Ganjar Pranowo Klaim Partai Pendukungnya Kompak ​​​​​​​

Jum'at, 23 Februari 2024 | 14:05 WIB
header img
Capres 03 Ganjar Pranowo menyebut partai pengusungnya kompak untuk mengajukan hak angket atas dugaan kecurangan Pilpres 2024. (iNewspalembang.id/Foto Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewspalembang.id – PDI Perjuangan dan PPP sebagai partai pengusung Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo di parlemen, bakal melayangkan hak angket DPR.

Menurut Ganjar Pranowo, tujuan dari hak angket DPR tersebut untuk menyelisik segala kejanggalan proses Pemilu 2024. Bahkan, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud telah menggelar rapat usai pemungutan suara pada Kamis (15/2/2024) lalu.

"Sampai dengan tanggal 15 kemarin, alternatif-alternatif kita sampaikan. Saya kira kita kompak juga (gulirkan hak angket)," ujar dia, saat ditemui di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Fraksi PDIP, kata Ganjar, juga sepakat menggulirkan hak angket. Sikap itu juga telah disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

"Sekjen sudah menyampaikan kok. Kalau Sekjen itu artinya sudah partai ya," kata dia.

Sebagai pihak yang pertama mendorong hak angket DPR untuk menyelidiki kecurangan Pemilu 2024, Ganjar mengungkapkan, usulan itu pertama kali dicetuskan saat rapat evaluasi bersama TPN.

Saat itu, sambung dia, seluruh pimpinan partai pengusung ada, dan Ganjar menyampaikan usulan, apakah benar terjadi situasi anomali-anomali?

“Jawabannya iya. Apakah benar sistem ini ada kejanggalan? Jawabannya iya. Apakah benar ada cerita-cerita di masyarakat yang mungkin tidak sesuai dengan ketentuan? Jawabannya iya," ungkap dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjelaskan, bahwa perlu ada model pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Model pengawasan itu ada dua, yakni dari masyarakat sipil yang bisa bertanya langsung kepada penyelenggara pemilu atau melalui jalur parlemen.

"Saya orang partai, saya orang PDIP, dan saya pernah menjadi pimpinan komisi, maka saya sampaikan, yang pertama kalau ingin melihat, membuktikan, mengetahui angket paling bagus, karena menyelidiki, Itulah yang kemudian saya usulkan waktu itu," tandas dia.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ganjar Yakin Parpol Pendukungnya Kompak Gulirkan Hak Angket Pemilu ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/ganjar-yakin-parpol-pendukungnya-kompak-gulirkan-hak-angket-pemilu.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut