get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Arab Saudi, Shin Tae-yong Sebut Banyak PR Jelang Asiap Cup AFC U-23 Qatar 2024

Piala Asia 2023 Qatar, Ini Kata Dua Pemain Naturalisasi Timnas Soal Kekuatan Vietnam

Kamis, 18 Januari 2024 | 14:05 WIB
header img
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick, saat menghadapi pemain Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023 Qatar, di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) lalu. (iNewspalembang.id/ist)

AL RAYYAN, iNewspalembang.id – Kampanye perdana Tim Nasional (Timnas) Indonesia Grup D Piala Asia 2023 Qatar kontra Irak kemarin, kendati kalah memang cukup mendapat simpati dan pujian.

Hanya saja, simpati dan pujian tersebut dirasa tak cukup bila tak mendapat kemenangan pada tiga laga yang dilalui Skuad Garuda. Nah, lawan Timnas di partai kedua Jumat (19/1/2024) besok, tak lain musuh bebuyutan di level ASEAN yakni, Vietnam.

Baik Indonesia maupun Vietnam, sudah sama-sama menderita kekalahan di laga perdana masing-masing. Indonesia ditekuk Irak 1-3 dan Vietnam dilumat Jepang 2-4.

Merespons lawan yang mereka hadapi besok malam, striker Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Rafael Struick, menyebut Vietnam termasuk lawan sulit di Grup D Piala Asia 2023 Qatar ini.

Menurut Struick, kekalahan dari Irak kemarin menjadi catatan khusus dan evaluasi bagi tim nasional Indonesia untuk berhadapan dengan Vietnam.

"Saya pikir evaluasinya adalah kita harus bekerja lebih keras lagi di laga kedua. Sekarang kita fokus ke pertandingan melawan Vietnam nanti," ujar dia.

Struick mengakui kalau Vietnam tim yang bagus. Itu setelah Vietnam mampu memberi perlawanan terhadap Jepang, meski pada akhirnya mereka menderita kekalahan.  

"Saya melihat laga mereka melawan Jepang. Kami akan mempertajam pola permainan kami dalam mencetak gol kala melawan Irak," ungkap dia.

"Pertahanan mereka bagus, kami akan mencoba membongkarnya. Akan sulit mungkin, tapi kami punya kesempatan untuk bisa melakukannya," imbuh dia. 

Sementara, pemain belakang Timnas, Shayne Pattynama, yang baru kembali bergabung dengan Skuad Garuda sejak Minggu (14/1/2024) lalu, menegaskan, kondisinya sudah oke dan siap diturunkan melawan Vietnam. 

 “Kami harus mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka, dan membuat perencanaan permainan melawan Vietnam. Ini akan menjadi tantangan menarik bagi kami,” jelas dia.

Terkait kekuatan Vietnam, Shayne menuturkan, tidak begitu tahu banyak mengenai pemain-pemain Vietnam. Namun mereka cepat dan memiliki penguasaan bola yang baik. Jadi harus bekerja keras dan membangun kembali kepercayaan diri, serta harus lebih fokus ke tim daripada memikirkan tim lain.

“Kami berharap dukungan terus diberikan suporter. Itu akan memberi kekuatan bagi kami. Semua harus tetap berfikir positif, dengan begitu akan mendapatkan hasil bagus. Kami akan berjuang keras, jangan khawatir, kita tentu akan melakukannya,” tandas dia.

Laga Indonesia dan Vietnam akan berlangsung pada Jumat (19/1/2024) dan kemudian melawan Jepang di hari Rabu (24/1/2024). Dua laga ini, skuad Garuda wajib meraih poin agar menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Saat ini, Indonesia menduduki posisi keempat klasemen semnetara Grup D dengan 0 poin. Sama seperti Vietnam dengan poin 0 dan selisih gol -2.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut