get app
inews
Aa Read Next : Indonesia U-23 vs Yordania U-23, Ini Permintaan Khusus Shin Tae-yong untuk Skuad Garuda Muda

Piala Asia 2023 Qatar: Timnas Ajukan Protes ke AFC, Terkait Disahkannya Gol Kontroversi Pemain Irak

Selasa, 16 Januari 2024 | 10:45 WIB
header img
Manajer Timnas, Endri Erawan, melayangkan protes ke AFC terkait gol kontroversial pemain Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam. (iNewspalembang.id/ist)

AL RAYYAN, iNewspalembang.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia resmi mengajukan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), usai laga perdana Indonesia versus Irak di Grup D Piala Asia 2023 Qatar, Senin (15/1/2024) malam.

Protes tersebut dilayangkan langsung oleh Manajer Timnas, Endri Erawan, terkait gol kedua Irak yang dibuat Osama Rashid pada menit ke-45+7 dan disahkan oleh wasit Tantashev Ilgiz.

Dalam rekaman pertandingan, sambung dia, menunjukkan Mohanad Ali berada dalam posisi offside sebelum gol tersebut, namun setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut tetap disahkan.

"Kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," ujar dia.

Endri mengungkapkan, pihaknya tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil Keputusan.

Hal seneda juga diutarakan Marselino Ferdinan, yang mencetak satu-satunya gol untuk Timnas Indonesia ke gawang Irak pada menit 37 tadi malam. Marselino memang kecewa dengan hasil ini, terlebih disahkannya gol kedua tim Irak.

"Kami tidak beruntung di laga perdana ini. Seluruh pemain telah berjuang keras dan maksimal. Namun ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tapi jadi gol," ungkap Pemain KMSK Deinze Belgia itu.

Timnas Indonesia sendiri akan melanjutkan kampanye di Piala Asia 2023 Qatar menghadapi Vietnam, pada Jumat (19/1/2024) dan Jepang pada Rabu (24/1/2024).

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut