get app
inews
Aa Read Next : Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Kesehatan yang Anda Rasakan Mengkonsumsi Udang

4 Tips Membersihkan Udang Agar Tidak Bikin Gatal-gatal

Jum'at, 12 Januari 2024 | 13:58 WIB
header img
Udang merupakan salah satu olahan seafood yang lezat. Udang pun bisa diolah dengan berbagai resep mulai dari masakan Asia hingga barat. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsPalembang.id - Udang merupakan salah satu olahan seafood yang lezat. Udang pun bisa diolah dengan berbagai resep mulai dari masakan Asia hingga barat.

Namun, sebelum mengolah udang, Anda perlu memastikan untuk membersihkannya dengan benar. Pasalnya, udang memiliki cara tersendiri untuk membuatnya bebas dari kotoran dan menghindari rasa gatal saat dikonsumsi.

Tak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah membersihkan udang sebelum mengolahnya. Penasaran, bagaimana tips dan cara yang tepat untuk membersihkan udang? Yuk simak informasinya dilansir Taste of Home dan kanal YouTube, Ika Juliana Channel, Jumat (12/1/2024).

1. Cuci Udang hingga Bersih

Pertama ialah mencuci udang terlebih dahulu. Bila udang Anda dalam keadaan beku, buka kantongnya dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air dingin. Kemudian nyalakan keran dan biarkan sedikit air dingin mengalir ke dalam mangkuk. Diamkan hingga udang mulai melunak dan siap dibersihkan.

2. Rebus Udang

Masih dalam keadaan utuh, rebus udang di air mendidih. Rebus kurang lebih 5 menit sampai mendidih dan mengeluarkan busa. Setelah selesai, tiriskan udang dan cuci kembali dengan air mengalir.

3. Kupas Udang

Pertama adalah mengupas udang. Mengupasnya pun dimulai dari udang utuh lengkap dengan kepala, kaki, dan ekornya. Pegang badan dengan satu tangan, dan pegang kepala dengan ibu jari dan jari telunjuk tangan lainnya.

Kemudian lanjutkan dengan mengupas kepala dan kaki udang. Kemudian kupas kulit udang agar lebih lezat saat disantap.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut