get app
inews
Aa Read Next : 4 Tips Membersihkan Udang Agar Tidak Bikin Gatal-gatal

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Kesehatan yang Anda Rasakan Mengkonsumsi Udang

Rabu, 28 Desember 2022 | 08:58 WIB
header img
Udang menjadi salah satu makanan yang memiliki kolesterol tinggi sekaligus nutrisi yang tinggi (FOTO: INEWS.ID)

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Anda penyuka makanan dasar udang

Memang banyak yang menyatakan jika panganan ini memiliki kolesterol tinggi. Tapi tahukah anda, jika udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang sering dikonsumsi banyak orang adalah sumber protein tanpa lemak. 

Kalori udang sendiri termasuk rendah, dan udang hadir dengan kandungan nutrisi utamanya yang tinggi. Nutrisi tersebut termasuk vitamin B12, yang membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga fungsi sistem saraf, serta selenium, mineral yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Di samping ada beberapa risiko potensialnya, udang juga memiliki manfaat untuk kesehatan kok! Apa saja manfaat makan udang untuk kesehatan? Melansir Health yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli gizi Allison Herries, RDN, Selasa (26/12/2022), berikut paparan singkatnya di bawah ini.

1. Bantu kurangi risiko penyakit jantung Satu analisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional menemukan bahwa, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi udang, pemakan udang ternyata punya tingkat tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi yang lebih rendah serta kemungkinan lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol LDL "jahat" meningkat setelah makan udang, tapi di saat yang bersamaan begitu pula kolesterol HDL "baik", dan peningkatannya pun dalam jumlah besar, menyebabkan efek positif bersih pada rasio kolesterol total terhadap HDL. Dengan kata lain, konsumsi udang disebutkan terkait dengan efek yang menguntungkan secara keseluruhan pada kadar kolesterol darah. Faktanya, udang mengandung asam lemak omega-3 dan sangat rendah lemak jenuhnya.

2. Berpotensi sehatkan kehamilan: Mengonsumsi berbagai macam makanan laut, termasuk udang selama kehamilan dikaitkan dengan perkembangan otak yang lebih baik pada bayi dibandingkan dengan tidak makan makanan laut saat hamil. Manfaat ini, disebutkan telah terlihat hanya dengan empat ons makanan laut per minggu. Salmon dan sarden memang lebih bagus, namun udang juga menyuplai nutrisi lain yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin, termasuk yodium. Mengingat, tiga ons udang yang dimasak menyediakan 9 persen dari nilai harian yodium kita loh!

3. Protein sehat: Udang adalah sumber protein yang menyehatkan. Sepuluh udang matang berukuran sedang yang dimasak dengan cara dikukus atau direbus, memberikan hampir sembilan gram protein. Protein ini menyediakan asam amino yang penting untuk membangus sel untuk hidup.

Setiap sel dalam tubuh manusia mengandung protein, dan nutrisi ini diperlukan tidak hanya untuk membuat sel baru, tetapi juga membantu memperbaiki sel dari sengatan matahari hingga jari kaki yang sakit. Zinc dalam udang, dikatakan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan juga membantu penyembuhan luka dan pemecahan karbohidrat. Zinc ini juga nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga indera perasa dan penciuman manusia.


Artikel Asli : 
https://health.okezone.com/read/2022/12/26/483/2734403/suka-makan-udang-ini-manfaat-kesehatan-yang-bisa-didapat?page=1

 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut