get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Sebut 36.000 pondok pesantren di Indonesia Bisa Tentukan Masa Depan Bangsa

Ini Kesepakatan Hasil Pertemuan Jokowi dan Erdogan Terkait Penyelesaian Masalah Gaza

Minggu, 12 November 2023 | 12:35 WIB
header img
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggandeng tangan Presiden Jokowi yang didampingi Menlu Retno Marsudi, di sela-sela KTT Luar Biasa OKI, di KAICC, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). (iNewspalembang.id/BPMI Setpres)

RIYADH, iNewspalembang.id – Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menghasilkan kesepakatan terus bekerja sama selesaikan masalah Gaza.

Baik Indonesia maupun Turki, akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina, termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina. Kedua pemimpin ini menyebut bahwa Turki dan Indonesia aktif untuk terus mencoba berkontribusi pada penyelesaian masalah di Gaza.

“Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” ujar Presiden Jokowi di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Kedua petinggi negara tersebut melakukan pertemuan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Jokowi melanjutkan, pihaknya akan terus menekankan bahwa OKI harus bersatu dan berada di depan. OKI harus mendesak gencatan senjata segera dilakukan, menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

“Juga memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman, predictable, sustainable, dan menjangkau seluruh warga,” kata dia.

Kemudian, jelas Jokowi, Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut