get app
inews
Aa Read Next : Mampul Kendalikan Inflasi, Kota Palembang Terima TPID Award 2022 Kategori Wilayah Sumatera

Presiden Jokowi Sebut 36.000 pondok pesantren di Indonesia Bisa Tentukan Masa Depan Bangsa

Minggu, 22 Oktober 2023 | 13:25 WIB
header img
Presiden Jokowi disambut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri Apel Hari Santri Tahun 2023 di Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023). (Foto: BPMI Setpres)

SURABAYA, iNewspalembang.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang besar dan lebih dari 36.000 pondok pesantren.

Kondisi tersebut, ujar dia, merupakan potensi yang besar dalam menentukan masa depan bangsa.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita memiliki lebih dari 36.000 pondok pesantren, sebuah kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa, dan penentu keberhasilan cita-cita bangsa,” ujar dia, saat berbicara pada Apel Hari Santri Tahun 2023 di Monumen Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (22/10/2023).

Berkaca dari hal itu, ungkap Jokowi, tentu semua pihak untuk dapat terus menjaga semangat hari santri dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini.

“Semangat hari santri ini harus terus kita pegang teguh sesuai dengan konteks saat ini, konteks kondisi saat ini di mana juga ada krisis ekonomi akibat perang, adanya krisis pangan akibat perang, adanya krisis energi akibat juga adanya perang,” ungkap dia.

Jokowi menceritakan, latar belakang dibentuknya hari santri merujuk kepada resolusi jihad yang disampaikan oleh Kiai Haji Hasyim Asyari selaku Rais Akbar Nahdlatul Ulama pada masa kemerdekaan Indonesia.

“Beliau menyampaikan bahwa melawan penjajah itu wajib, melawan penjajah itu adalah fardu ain, dan tewas, meninggal melawan musuh itu hukumnya mati syahid. Ini sebuah fatwa yang luar biasa sehingga kita semua saat itu termasuk para santri berjuang untuk kepentingan bangsa, berjuang untuk kepentingan negara, dan berjuang untuk kepentingan umat,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut