get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Sebut 36.000 pondok pesantren di Indonesia Bisa Tentukan Masa Depan Bangsa

Bicara di Rakernas HIPMI, Jokowi Sebut Peningkatan Daya Saing Global Indonesia Naik Signifikan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 12:45 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berbicara pada peresmian pembukaan Rakernas XVIII HIPMI Tahun 2023, di Nusantara Hall ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/08/2023). (iNewspalembang.id/tangkapan layar)

TANGERANG, iNewspalembang.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, berdasarkan IMD Global Competitiveness Index di tahun 2023, Indonesia naik ranking dari 44 ke-34, naik 10 peringkat.

“Ini masuk dalam kategori tertinggi di dunia karena lompatannya 10 peringkat,” ungkap Presiden saat Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tahun 2023, di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/08/2023).

Jokowi mengungkapkan, saat ini persaingan antarnegara sangat sengit sekali di berbagai aspek, seperti dalam memperebutkan pasar ekspor dan investasi. Namun, Indonesia mampu mencatatkan peningkatan signifikan dalam peringkat daya saing global.

Pemeringkatan yang dilakukan lembaga internasional IMD Competitiveness Center itu, sambung Presiden, didasarkan pada empat kriteria, seperti performa ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis, dan infrastruktur.

“Peringkat performa ekonomi Indonesia mengalami kenaikan yang paling signifikan, yaitu 13 peringkat dari sebelumnya 42 ke-29,” ungkap dia.

Jokowi menjelaskan, kemudian efisiensi bisnis Indonesia naik 11 peringkat dari peringkat 31 ke peringkat 20. Sedangkan, efisiensi pemerintah dari 4 peringkat dari peringkat 35 ke peringkat 31. Untuk komponen infrastruktur, Indonesia berada di peringkat 51.

“Ini perlu kita lanjutkan agar competitiveness index kita menjadi semakin baik, sehingga kelihatan bahwa dalam bersaing dengan negara-negara lain kita memiliki kemampuan. Dan, urusan peringkat ini bukan kita yang mengeluarkan, tapi ini internasional,” tandas dia.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut