get app
inews
Aa Read Next : BPS Sebut Laju Inflasi YoY di Sumsel Melandai, Februari 2024 menjadi 3,15 Persen

Mampul Kendalikan Inflasi, Kota Palembang Terima TPID Award 2022 Kategori Wilayah Sumatera

Kamis, 31 Agustus 2023 | 13:45 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berbicara pada Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/08/2023). (iNewspalembang.id/Humas Setkab)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Kota Palembang menjadi pemenang tim pengendali inflasi daerah (TPID) meraih TPID Award 2022 untuk kategori kabupaten/kota wilayah Sumatera.

daftar peraih TPID Award 2022 tersebut diumumkan usai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2023, di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/08/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengendali inflasi, baik pusat dan daerah, kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang sudah bersama-sama mengendalikan inflasi.

Jokowi melanjutkan, hasil kerja tim pengendali inflasi pusat (TPIP) dan tim pengendali inflasi daerah (TPID) serta jajaran terkait, mampu mengendalikan inflasi di angka 3,08 persen pada bulan Juli 2023.

Hasil tersebut menjadikan nilai inflasi lebih rendah dari sejumlah negara seperti, Argentina yang di angka 113 persen, Turki 47 persen, India 7,4 persen, Uni Eropa 5,3 persen, dan Amerika Serikat 3,2 persen.

“Keberhasilan pengendalian inflasi ini tidak terlepas dari sinergi antara otoritas moneter, otoritas fiskal, serta tim pengendali inflasi yang melakukan pengecekan di lapangan,” kata dia.

Jokowi mengungkapkan, mengendalikan inflasi dengan kenaikan suku bunga, kalau pasokannya tidak baik, stok tidak memiliki, tentu pasti harga akan naik.

“Dikendalikan dengan moneter, dengan kenaikan suku bunga, tapi distribusi barangnya terganggu karena jalannya rusak semuanya, enggak ada artinya. Jadi ini kombinasi antara kebijakan moneter, fiskal, dan juga pengecekan di lapangan secara langsung,” ungkap dia.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengendali inflasi, baik pusat dan daerah, kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang sudah bersama-sama dengan kita semuanya dalam rangka mengendalikan inflasi,” imbuh Presiden.

Sementara, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, pengendalian inflasi dalam rentang sasaran dapat terwujud melalui strategi 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif yang disertai kebijakan fiskal moneter dan sektor riil.

“Beberapa pelajaran yang kita dapati dalam pengendalian inflasi, yakni sinergi kerja sama kementerian, lembaga, dan daerah semakin kuat; kerja sama perdagangan antardaerah; integrasi hulu hilir pemanfaatan teknologi; dan, data secara akurat dan secara online melalui sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok,” tandas dia.

Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 ini juga diumumkan daftar peraih TPID Award 2022.

TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2022:

Pemenang Wilayah Sumatra Kabupaten Tanah Datar;
Pemenang Wilayah Jawa-Bali Kabupaten Tasikmalaya;
Pemenang Wilayah Kalimantan Kabupaten Landak;
Pemenang Wilayah Sulawesi Kabupaten Minahasa; dan
Pemenang Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua Kabupaten Sabu Raijua.

TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2022:

Pemenang Wilayah Sumatra Kota Palembang;
Pemenang Wilayah Jawa-Bali Kabupaten Banyuwangi;
Pemenang Wilayah Kalimantan Kota Tarakan;
Pemenang Wilayah Sulawesi Kabupaten Bone;
Pemenang Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua Kota Kupang.

TPID Provinsi Terbaik 2022:

Pemenang Wilayah Sumatra Provinsi Bengkulu;
Pemenang Wilayah Jawa-Bali Provinsi DKI Jakarta;
Pemenang Wilayah Kalimantan Provinsi Kalimantan Selatan;
Pemenang Wilayah Sulawesi Provinsi Sulawesi Selatan;
Pemenang Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua Nusa Tenggara Timur.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut