get app
inews
Aa Read Next : Kukuhkan Tim Pemenangan, Herman Deru Ingatkan Jangan Sampai Kena Penyakit Baru Star Syindrome

Berobat Pakai KTP, Gubernur Sumsel: Kesehatan Hak Seluruh masyarakat, Tak Boleh Dipolitisasi

Rabu, 13 September 2023 | 12:45 WIB
header img
Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat launching UHC dengan program Sumsel Berkat ‘Berobat Pakai KTP’ di Griya Agung Palembang, Rabu (13/9/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Gubernur Sumsel, Herman Deru menyatakan, Universal Health Coverage (UHC) adalah langkah untuk menyamaratakan semua layanan Kesehatan dan tidak membedakan jarak tempuh dan ranking sosial masyarakat.

“Kesehatan adalah hak seluruh masyarakat, tak boleh di politisasi,” ujar dia, saat launching UHC dengan program Sumsel Berkat ‘Berobat Pakai KTP’ di Griya Agung Palembang, Rabu (13/9/2023).

Dari 17 kabupaten dan kota, ungkap Herman Deru, sudah ada 11 kabupaten/kota yang sudah mencapai UHC, dan ada 6 kabupaten/kota lagi yang tentu juga harus menyamakan layanannya.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sendiri sudah membingkai ini dalam Program Sumsel Berkat. Oleh sebab itu, dana talangannya untuk pelayanan masyarakat yang harus dibuatkan BPJS melalui KTP saat dia sakit itu, adalah tanggungjawab Pemprov Sumsel,” ungkap dia.

Nah untuk aktivasi BPJS yang selama ini menjadi keluhan hampir setiap hari, jelas Herman Deru, itu otomatis ketika masyarakat melalui keluarganya atau aplikasi maupun langsung melalui Dinas Kesehatan atau langsung ke BPJS atau faskes yang mengurus kartu BPJS.

“Ini juga aktif secara langsung, ini juga sudah jadi kesepakatan BPJS dan Pemprov Sumsel serta kabupten/kota lainnya,” jelas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut