get app
inews
Aa Read Next : Termasuk Pungli, Ini Surat Edaran Larangan Pungutan di Lingkungan Pendidikan di Bawah Kemenag

Indonesia Ditargetkan Jadi Produsen Produk Halal Terbesar Tahun 2024

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:40 WIB
header img
Pertemuan Kepala BPJPH dengan Chairman IHLC membahas target Indonesia jadi produsen halal terbesar di 2024. (Foto : Humas Kemenag).

JAKARTA, iNews.id -  Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), menargetkan Indonesia menjadi produsen halal terbesar  di dunia pada 2024 mendatang.

Demikian terungkap dalam pertemuan antara BPJPH dan ILHC  di  Kantor IHLC Jakarta membahas target Indonesia menjadi produsen halal nomor satu di dunia, Kamis (13/1/2022). "Kita punya cita-cita besar bersama menjadikan Indonesia sebagai produsen produk halal terbesar dunia pada tahun 2024 nanti," kata Ketua BPJPH Kemenag, Aqil Irham di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Ia mengatakan, tahun 2022 ini target  difokuskan pada sektor makanan minuman. Pihaknya  telah bertemu GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Seluruh Indonesia) untuk membicarakan hal tersebut. Untuk mencapai target ini, Aqil berharap stakeholders halal bisa bersinergi dan berkolaborasi.

Pertemuan ini juga  mendiskusikan implementasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Regulasi ini menjadi acuan penyelenggaraan JPH yang memperluas, memperkuat, sekaligus memberikan perlindungan industri halal, sehingga  bisa menjadi salah satu kekuatan siginifikan dalam pembangunan yang implikasinya  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Upaya-upaya  mendukung percepatan sertifikasi halal khususnya bagi UMK  harus menjadi perhatian kita semua. Mulai dari sosialisasi, edukasi, pembinaan, pendampingan, dan berbagai dukungan strategis lainnya, sehingga target 10 juta sertifikat halal dapat dicapai," ia menuturkan.

Sementara itu,  Chairman ILHC Sapta Nirwandar mengatakan,  tindak lanjut implementasi PP 39/2021 perlu didukung sehingga tujuan penyelenggaraan JPH dapat tercapai dan memberikan implikasi yang nyata. 
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut