get app
inews
Aa Read Next : Maucash Ramaikan Festival Foodies Palembang Dalam Rangka HUT FIFGROUP 

Hari Santri 2022 : Kemenag Sumsel Ajak Tebarkan Spirit Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:25 WIB
header img
Kanwil Kemenag Sumsel 2022 menggelar Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022. Upacara ini diikuti oleh Seluruh Kabid, , Pembimas Katolik, Hindu, Buddha, Kristen dan seluruh ASN Kanwil Kemenag Sumsel, Sabtu (22/10/2022)/(FOTO: IST)

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Peringatan Hari Santri 2022 juga dilakukan oleh jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan, Sabtu (22/10/2022). 

Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menegaskan, aparatur sipil negara (ASN) yang berada di ruang lingkup Kemenag Sumsel dapat memetik hikmah nilai-nilai perjuangan santri tanah air dan menebarkan spirit hari santri untuk beramar makruf nahi munkar.

“Hari ini kita memperingati hari santri 2022, kita dapat memetik hikmah nilai-nilai perjuangan yang sangat berarti bagi perjuangan santri di tanah air. ASN tebarkan spirit hari santri untuk beramar makruf nahi munkar,” ujar Syafitri. 

Menurutnya, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri. 
Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. 

Ia menjelaskan, pada 2022 ini peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Maksudnya adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia Pascakemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan ibu pertiwi. 

Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri.  Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama. Mengedepankan nilai agama dalam perilaku. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

"Kita juga mendoakan, para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri, yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai- kebangsaan," pungkasnya. 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut