JAKARTA iNews.id – Pada libur Natal dan Tahun baru 2022, terjadi kenaikan trafik data XL Axiata hingga 38 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7 persen dan trafik Tahun Baru 15 persen dibandingkan hari normal.
Dari data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3 persen dibandingkan hari biasa.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, pihaknya di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022.
Berdasarkan dinamika di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi.
“Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya,” jelasnya.
Data XL Axiata juga menunjukkan tinginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.
Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.
Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42 persen, akses media sosial sebesar 29 persen, streaming video sebesar 21 persen, games 4 persen dan lain-lain 4 persen.
Dari sisi kenaikan trafik, aktiftas games meningkat trafiknya hingga 183 persen, kemudian akses file sebesar 24 persen, streaming 11 persen serta web browsing 8 persen.
Untuk trafik aktifitas video call dan conference, Facebook meningkat sebesar 27 persen, Telegram 22 persen serta Line dan WhatsApp masing-masing sebesar 10 persen. Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33 persen, disusul WhatsApp 30 persen,Twitter 19 persen serta Facebook 18 persen.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Joox music dan Itunes juga meningkat 24 persen dan 11 persen. Untuk games, trafik mobile legend meningkat 210 persen, kemudian Roblox 90 persen serta Hago 11 persen.
Trafik akses ke layanan belanja online (termasuk Lazada, Shopee,Tokopedia) mengalami peningkatan sebesar 62 persen, sementara trafik ke layanan travelling (termasuk Traveloka, Agoda, Tiket.com) meningkat sekitar 95 persen. Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 13 persen, sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan hampir 1 persen.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 57,98 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 153 ribu BTS termasuk lebih dari 69 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.
“XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data,” ungkapnya.
Editor : M. Rizal Effendi