get app
inews
Aa Read Next : Relawan Wong Kito Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Lele Asap di Banyuasin Sumsel

Kapal Hias Sungsang Sambut Burung Migran Siberia di Taman Nasional Sembilang Banyuasin

Minggu, 19 Desember 2021 | 19:30 WIB
header img
Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, digelar di Muara Sungai Musi, Desa Ekowisata Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Minggu, (19/12/2021). Shaful

BANYUASIN, iNews.id – Guna mengairahkan perekonomian warga, Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, digelar di Muara Sungai Musi, Desa Ekowisata Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Minggu, (19/12/2021). Pengembangan wisata terkoneksi dengan Taman Nasional Sembilang, tepatnya ribuan burung migran berkumpul setiap tahunnya.

Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang ini pun terbilang sukses menjadi daya tarik wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Menurut Bupati Banyuasin, Askolani, warga sangat antusias dengan kegiatan festival ini. Nantinya, Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang, akan didorong menjadi event tahunan di kota Sungsang. 

Guna mewujudkan Kota Sungsang menjadi kota wisata, pengembangan infrastruktur khususnya pembangunan jalan akan terus dilakukan. Termasuk melakukan perjalanan wisata di Kota Sungsang dan Taman Nasional Sembilang.

Camat Sungsang Banyuasin II selaku Ketua Panitia menambahkan, pengembangan wisatanya juga akan terkoneksi hingga ke Taman Nasional Sembilang di lokasi, tepatnya ribuan burung migran berkumpul setiap tahunnya menyeberangi laut dari Siberia menuju Taman Nasional Sembilang.

Di lokasi yang sama, M Hatta selaku Ketua PFI Palembang mengatakan, pada kegiatan tahun kedua Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang di Banyuasin II, Camat Sungsang bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia Palembang mengadakan, Hunting Bareng Burung Migran dengan para Jurnalis Foto untuk mengabadikan burung-burung migran dari Siberia menuju Taman Nasional Sembilang, Banyuasin, Sumatera Selatan.

Bukan hanya alamnya yang indah, kuliner yang disajikan UMKM masyarakat sungsang juga telah banyak dikenal  secara nasional. Seperti, terasi, pempek udang, pelempang udang dan lainnya.

Oleh karena itu, peningkatan sektor pariwisata juga, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.  Sebagai bentuk upaya membantu pemerintah dalam pemulihan perekonomian saat ini.

Terpisah, Kadis Kebudayaan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal,  yang turut hadir melihat secara langsung even besar desa wisata itu. Menyampaikan, sungsang sebagai salah satu daerah nelayan terbesar di Sumsel, Kuliner makanan makanan lautnya banyak sekali dan  jadi potensi wisata yang sangat baik. Apalagi jaraknya cuma satu jam dari kota Palembang.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut