get app
inews
Aa Read Next : Sakit Kepala Berulang, Kurangi Konsumsi Obat Pusing

Ini 10 Rutinitas Perusak Ginjal, Merokok Paling Rutin

Jum'at, 23 Desember 2022 | 13:55 WIB
header img
Ilustrasi Rokok (FOTO: INEWS.ID)

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Ginjal merupakan organ tubuh yang vital bagi setiap orang. 

Ironisnya banyak yang belum menyadari bahayanya penyakit ini. Terkadang sebagian dari kita justru mengabaikan kesehatan organ kita tersebut. 

Gaya hidup tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal secara signifikan. Penting untuk berolahraga secara teratur, makan sehat, hindari merokok dan minum dan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Penting juga untuk minum air dalam jumlah yang diperlukan untuk menjaga ginjal dalam kondisi yang baik. 

Dilansir dari Hindustan Times, Kamis (22/12/2022) terdapat sejumlah faktor perusak ginjal yang justru kerap kali kita lakukan setiap hari. 

1. Mengonsumsi obat pereda nyeri dan suplemen kesehatan pembentuk tubuh. 
Jika Anda mengonsumsinya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi, disarankan untuk segera menghentikannya. 

2. Konsumsi Garam Berlebih
Rutinitas ini bisa menimbulkan ancaman bagi ginjal karena tidak hanya menghasilkan beban natrium yang berlebihan tetapi juga menyebabkan hipertensi. Oleh karena itu, disarankan untuk fokus mengonsumsi makanan segar alami rendah sodium seperti kembang kol, blueberry, makanan laut, dan biji-bijian sehat. 

3. Konsumsi Makanan Olahan
Makanan olahan sarat dengan natrium dan fosfor. Pasien dengan penyakit ginjal harus menahan diri dari makan makanan kemasan. Mengonsumsi makanan olahan berfosfor tinggi dapat merusak ginjal dan tulang. 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut