get app
inews
Aa Read Next : Sertifikasi Sirekap Pemilu 2024 Dipertanyakan, Roy Suryo: Kualitasnya sudah Sangat Tidak Layak

Bak Senjata Makan Tuan bagi Roy Suryo, Ikut Menyusun Malah Terjerat Perkara Hukum UU ITE

Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:15 WIB
header img
Roy Suryo (foto: MPI)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) seolah menjadi senjata makan tuan bagi seorang Roy Suryo.

Betapa tidak, ketika masih menjadi anggota DPR RI, mantan Politikus Partai Demokrat itu ikut Menyusun draf UU ITE tersebut. Namun pada akhirnya UU ITE tersebut yang menjeratnya ke perkara hukum.

Curahan hati tersebut diutarakan Roy Suryo menjalani sidang kasus dugaan ujaran kebencian, penistaan agama hingga penyebaran berita bohong, Jumat (9/12/2022) kemarin.

Dalam sidang yang membawa Roy Suryo terjerat UU ITE terkait meme stupa mirip Presiden Jokowi itu, kuasa hukumnya bertanya tentang harapan keadilan bagi Indonesia di balik kasus yang menimpanya.

Saat itulah Roy mencurahkan isi hatinya tentang UU ITE yang ikut dia susun saat menjadi anggota DPR, kini malah menjebloskannya ke suatu perkara.

Roy hanya memohon saja agar pelajaran bagi dia ini tidak dialami orang lain, dan ini memang sangat ironi.

“Orang yang pernah bersama-sama dengan pemerintah membuat UU ITE Nomor 11 Tahun 2008, justru malah karena ketidaktahuan orang yang melaporkan malah menjebloskan saya dengan itu," ujar Roy di PN Jakarta Barat, Jumat (9/12/2022). 

Roy juga tak hanya meratapi ironinya yang menjadi korban dari UU ITE, namun ikut menyinggung soal RKUHP yang disahkan menjadi KUHP. Terlebih, dia pernah menjadi anggota Badan Legislatif (baleg) di DPR, yang menyusun UU itu.

“Biasanya itu disahkan pada saat sebelum reses, jadi besok reses, hari ini disahkan. Supaya apa? Kalau besok ribut, ya DPR-nya reses, tapi kemarin berani disahkan sebelum reses," ungkap dia. 

Sebelumnya, Roy Suryo didakwa terkait kasus ujaran kebencian terhadap suku, agama, ras, dan golongan (SARA), ujaran permusuhan atau penodaan agama, hingga kasus penyebaran kabar tidak pasti atau berlebihan yang menyebabkan polemik terkait meme stupa Borobudur. Meme stupa Borobudur itu menjadi viral usai di-retweet oleh Roy Suryo.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Roy Suryo Curhat Terjerat UU ITE pada Kasus Meme Stupa: Padahal Saya Ikut Menyusun Itu ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/roy-suryo-curhat-terjerat-uu-ite-pada-kasus-meme-stupa-padahal-saya-ikut-menyusun-itu.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut