get app
inews
Aa
Read Next : Ini Jawaban Jubir Prabowo, Soal Informasi Dugaan Korupsi Pembelian 12 jet tempur Mirage bekas

Peta Dukungan Pilpres 2024: Survei LSJ Sebut Loyalis Jokowi Terpecah, Dominan ke Prabowo

Rabu, 07 Desember 2022 | 19:45 WIB
header img
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Menatap Pilpres 2024 mendatang, pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 lalu terpecah pada Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Fenomena itu muncul dari hasil survei dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ), terhadap peta dukungan pendukung Presiden Jokowi di 2019 terhadap tokoh yang masuk bursa capres 2024.

Menurut Peneliti LSJ Iqbal Mawardi, hasil analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui ke mana pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 pada Pilpres 2024 nanti, ternyata mayoritas memilih Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Sebanyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto,” ujar dia saat memaparkan survei secara daring, Rabu (7/12/2022).

Selain ke Prabowo, ungkap Iqbal, ada 32,4 persen mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan. Selebihnya atau 18,6 persen memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan (undecided).

"Sekarang pendukung Jokowi masih cenderung bersifat cair, namun sebagian besar dari mereka cenderung memindahkan dukungannya pada Prabowo jika Ketua Umum Partai Gerindra maju pada Pilpres 2024 nanti," ungkap dia.

Perolehan dari survei itu, jelas Iqbal, mengindikasikan sinyal-sinyal dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dalam berbagai kesempatan cukup efektif mempengaruhi para pendukungnya dalam menentukan pilihan jelang Pilpres 2024.

“Bagi pendukung Jokowi yang bermigrasi ke Prabowo memandang Ganjar sebagai sosok potensial, untuk menjadi calon wakilpresiden (cawapres) mendampingi Prabowo,” jelas dia.

Iqbal menerangkan, Prabowo Subianto secara elektabilitas masih tertinggi sebesar 32,3 persen. Berikutnya, Anies dengan elektabilitas 20,5 persen dan Ganjar dengan elektabilitas 19,7 persen.

"Survei LSJ yang sudah dilakukan sejak Januari 2022 lalu, Prabowo selalu berada dalam posisi teratas dan elektabilitasnya terus meningkat," terang dia.

Selain tiga nama tersebut, berturut-turut hasil survei LSI yang dilakukan pada tanggal 15-26 November 2022 itu, pada peringkat keempat ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 7,8 persen.

Kemudian AHY 4,7 persen; Erick Thohir 3,8 persen; Sandiaga Uno 2,9 persen; Puan Maharani 2,5 persen; Airlangga Hartarto 2,2 persen; dan Muhaimin Iskandar 1,1 persen.

Survei ini melibatkan sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Metode pengambilan sampel sendiri dilakukan dengan teknik acak bertahap atau multistage random sampling.  Adapun, tingkat kesalahan /margin of error yang diterapkan sebesar ±2,81 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Survei LSJ: 34,2 Persen Pendukung Jokowi di 2019 Kini Pilih Prabowo ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/survei-lsj-342-persen-pendukung-jokowi-di-2019-kini-pilih-prabowo.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut