get app
inews
Aa Read Next : Pengamat Sebut Dukungan Kepala BIN Anugerah Besar bagi Prabowo Subianto

Tanggapi Pengacara Brigadir J Soal Informasi dari Intelijen, Ini Jawaban Juru Bicara BIN  

Minggu, 06 November 2022 | 10:25 WIB
header img
Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto menyatakan, BIN tidak bekerja untuk kepentingan yang lain dan tak pernah mencampuri masalah yudikatif.

Hal tersebut diutarakan Wawan, untuk membantah klaim dari pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, terkait informasi intelijen mengenai kasus pembunuhan yang disebutnya pasti tidak benar.

"Apa yang terjadi di persidangan adalah mutlak wilayah yudikatif. Itu menjadi kewenangan hakim untuk memutus, jaksa untuk menuntut, dan pengacara untuk membela kliennya. BIN sama sekali tidak ikut campur," kata Wawan Hari Purwanto, saat dihubungi, Minggu (6/11/2022).

Wawan mengungkapkan, bahwa info intelijen BIN itu hanya ditujukan kepada single client yakni Presiden.

“Tidak benar ada berita yang menyatakan bahwa BIN memberi info kepada Komarudin sebagaimana dilansir di persidangan oleh pengacara Brigadir J, Komarudin Simanjuntak," ungkap dia.

Penegasan dari pihak BIN ini, setelah sebelumnya Kamaruddin mengklaim mendapat informasi dari intelijen diumbar saat bersaksi untuk Bharada E pada Selasa (25/10/2022). 

Informasi intelijen itu salah satunya soal Brigadir J yang menjadi mata-mata Putri Candrawathi, guna mencari dugaan perselingkuhan suaminya, Ferdy Sambo.

Kamaruddin juga mengungkap adanya pertengkaran antara Putri dan Sambo di Magelang, Jawa Tengah.

"Ada, yaitu mereka di malam hari menginap di sana, kemudian sehari (pembunuhan) sebelumnya itu ada pertengkaran antara Ferdy Sambo dengan istrinya yaitu di tanggal 6 menjelang tanggal 7 Juli 2022," ungkap Komaruddin, pada sidang dengan terdakwa Bharada E di PN Jaksel, Selasa (25/10/2022).

Meski begitu, Kamaruddin tak dapat menyebutkan informan atau menyertakan alat bukti untuk memperkuat keterangannya. Kamaruddin tetap mengklaim informasi yang didapat berasal dari intelijen.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "BIN Tegaskan Informasi Intelijen hanya Ditujukan kepada Presiden ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/bin-tegaskan-informasi-intelijen-hanya-ditujukan-kepada-presiden.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut