get app
inews
Aa Read Next : Pengoplos BBM di Palembang Ini Jual Solar Subsidi ke Pengecer setelah Dicampur Minyak dari Muba

Petani dan Nelayan Disebut Bakal Temui Kesulitan Akibat Kenaikan Harga BBM

Minggu, 04 September 2022 | 09:55 WIB
header img
Lokataru Foundation menilai kenaikan BBM bersubsidi tersebut bakal diikuti naiknya harga pupuk di tingkat petani. (iNewspalembang.id/mushaful imam)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Kebijakan pemerintah menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dinilai akan berdampak pada masyarakat pedesaan, khususnya petani, pekebun, dan nelayan.

Menurut Direktur Lokataru Foundation, Iwan Nurdin, kenaikan BBM bersubsidi tersebut bakal diikuti naiknya harga pupuk di tingkat petani dan pekebun.

“Harga pupuk di tingkat petani perkebunan yang tidak mendapatkan jatah pupuk bersubsidi telah merangkak naik dalam beberapa bulan sebelum harga BBM dinaikkan,” ujar dia dalam keterangannya, Sabtu (3/9/2022).

"Dan akan semakin naik drastis. Padahal, harga komoditas mereka masih mengalami tekanan," tegas dia.

Iwan mengungkapkan, kemudian di samping itu, kenaikan harga BBM juga akan membawa dampak kepada harga sembako bagi petani perkebunan yang selama ini hanya mengandalkan pasokan makanan dari luar wilayahnya.

“Situasi serupa akan terjadi pada masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Kenaikan harga BBM tidak akan berpengaruh pada harga ikan hasil tangkapan mereka, karena masyarakat justru akan mengurangi konsumsi ikan jika harganya naik,” ungkap dia.

Keputusan menaikkan harga BBM harus dibarengi dengan pemberian subsidi lainnya, jelas Iwan, seperti menambah alokasi subsidi pupuk, bibit, dan dukungan subsidi harga panen yang menguntungkan.

"Selain itu, pengurangan pajak dan retribusi kepada petani dan nelayan juga harus dilakukan," tandas dia. 



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut