PALEMBANG, iNewspalembang.id – Ombudsman RI menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel telah mengambil langkah-langkah yang patut diapresiasi terkait penanganan laporan masyarakat.
Hal tersebut disampaikan langsung Pimpinan Pusat Ombudsman RI, Dr Johannes Widjiantoro, SH, MH, saat kunjungan kerja ke Palembang, Senin (8/9/2025).
“Pemprov Sumsel telah menunjukkan itikad baik untuk memperbaiki sistem pelayanan. Hal ini patut menjadi contoh bagi daerah lain,” ujar dia kepada Gubernur Sumsel, Herman Deru.
Johannes mengatakan, bahwa partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam menciptakan tata kelola yang bersih. Tentu, pihaknya siap memfasilitasi edukasi dan sosialisasi agar masyarakat lebih aktif melapor.
“Kami ingin kunjungan ini menghasilkan tindak lanjut nyata, mulai dari forum diskusi publik hingga program bersama dengan pemerintah daerah,” kata dia.
Sementara, Gubernur Sumsel mengungkapkan, bahwa pelayanan publik yang transparan adalah hak seluruh warga. Jadi, Pemprov Sumsel ingin memastikan pelayanan bebas maladministrasi dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.
“Reformasi birokrasi di Sumsel terus berjalan dengan dukungan berbagai program. Evaluasi dari Ombudsman menjadi instrumen penting untuk memperbaiki kelemahan sistem yang masih ada,” ungkap dia.
Kemudian, jelas Herman Deru, bahwa pengawasan publik yang transparan akan meningkatkan kualitas hubungan antara pemerintah dan masyarakat. “Karena, kepercayaan warga adalah modal utama keberhasilan pembangunan,” tandas dia.
Editor : Sidratul Muntaha
Artikel Terkait