Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Sidra
Presiden Jokowi saat menerima Chairman dan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (30/04/2024). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Microsoft bersama pemerintah Indonesia bakal membangun pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi, khususnya bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Rencana tersebut terungkap saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang bersama delegasi Microsoft di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (30/04/2024).

Menurut Presiden Jokowi, dalam perbincangan tersebut membahas kerjasama yang meliputi investasi perluasan pusat data sebesar USD 1,7 miliar (Rp27,6 Triliun) untuk menghadirkan infrastruktur AI pada berbagai sektor seperti pertanian serta perikanan di Indonesia.

“Microsoft memiliki pusat penelitian dan pengembangan Asia-Pasifik yang diharapkan dapat dibangun pula di Indonesia, juga untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam membangun smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN),” ujar dia, Selasa (30/4/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melanjutkan, bahwa Microsoft punya Asia Pacific Research and Development Center.

“Pak Presiden minta agar salah satunya dibangun di Indonesia, tempatnya terserah, ada beberapa daerah, termasuk di IKN, Bali, tawarannya itu,” kata dia.

Kemudian, ungkap Budi, dalam pertemuan itu juga membahas pengembangan teknologi AI dalam bidang pertanian dan perikanan di Indonesia.

“Tadi juga bicara soal pengembangan teknologi soal agriculture, pertanian, perikanan yang membutuhkan pengembangan teknologi khususnya AI. Kita yakin dengan penggabungan teknologi dan kekuatan Indonesia kita bisa menjadi negara maju,” ungkap dia.

Sementara, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menjelaskan, pihaknya juga menyampaikan komitmen Microsoft terhadap pengembangan bisnis dan investasi teknologi di Indonesia.

“Terkait pengembangan riset di Indonesia, akan kami tindaklanjuti. Pak Satya Nadella, CEO Microsoft, sudah bertemu dengan Presiden ingin menyampaikan komitmen terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia,” jelas dia.

Dharma menambahkan, untuk pengembangan, juga telah disampaikan Presiden Jokowi terkait keinginan untuk ada pengembangan riset yang juga nanti yang akan ditindaklanjuti.



 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network