Faktor Ini Disebut Shin Tae-yong Jadi Penyebab Timnas U-23 Kalah dari Uzbekistan U-23 di Semifinal

Sidra
Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan U-23 di semifinal AFC U-23 Asian Cup Qatar 2024 disebut karena ada rasa gugup sebelum pertandingan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024).(iNewspalembang.id/ist)

DOHA, iNewspalembang.id - Asa Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 untuk menggapai partai final di AFC U-23 Asian Cup Qatar 2024 kandas, usai dikalahkan Uzbekistan 0-2 di semifinal di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024).

Secara materi, memang skuad Uzbekistan U-23 lebih baik dari Timnas Indonesia U-23. Namun bukan itu yang jadi persoalan, melainkan performa punggawa Garuda Muda berbeda dari empat pertandingan sebelumnya.

Tampil impresif saat menghadapi Australia, Yordania dan Korea Selatan (Korsel), semua seolah menghilang ketika bertarung dengan Uzbekistan. Ada rasa gugup, tidak tenang dan penuh emosi.

Selain itu, di partai semifinal ini 
Indonesia kehilangan Rafael Struick di lini depan, akibat akumulasi kartu kuning. Tak sampai disitu, di babak kedua, Indonesia juga harus kehilangan sang kapten, Rizky Ridho, yang diganjar kartu merah pada menit 82 setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jaloliddinov. Jadi, Ridho akan absen di laga perebutan tempat ketiga.

Usai pertandingan, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyatakan, anak asuhnya sudah berusaha maksimal saat menghadapi Uzbekistan. Namun, dia mengakui di pertandingan kali ini Uzbekistan bermain lebih baik.

"Saya apresiasi usaha yang bagus dari semua pemain. Uzbekistan bermain baik dan memberi usaha yang bagus juga. Ada sesuatu hal yang membuat saya merasa sedikit malu, tapi saya tidak mau menyebutkannya," ujar dia.

"Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap punya peluang menuju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade," imbuh dia.

Terkait penampilan Marcelino Ferdinan dan kawan-kawan, pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu menilai, seolah kehilangan kepercayaan diri. Padahal, di tiga laga sebelumnya tampil sangat impresif dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1) dan Korea Selatan (2-2, 11-10 setelah adu penalti).

“Sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya," ungkap dia.

Meski demikian, Shin Tae-yong meyakinkan, kekalahan itu tidak membuat kepercayaan dirinya dan pemain untuk memburu tiket ke Olimpiade Paris 2024 melemah. Karena, Indonesia masih ada peluang lolos ke Olimpiade sebagai peringkat tiga Piala Asia U-23 2024. 

Jikapun kalah, Indonesia masih punya jalan terakhir, yakni memenangi laga play-off antar konfederasi melawan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei 2024.

Pada laga perebutan tempat ketiga, Indonesia bakal menghadapi Irak yang dikalahkan oleh Jepang, 0-2. Laga antara Indonesia dan Irak digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5/2024), pukul 22.30 WIB.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network