JAKARTA, iNewspalembang.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.
Manajemen XL Axiata melalui Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari biasa.
Momen Lebaran ini, sambung dia, kerap menghadirkan tantangan mereka sebagai operator telekomunikasi, dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan. Tantangan lainnya, berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.
“Selain perlu menambah kapasitas, kami harus punya strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan, agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” ujar dia, Jumat (30/3/2024).
Kenaikan trafik di setiap Lebaran, kata Gede, terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.
Gede melanjutkan, selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lain berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk itu, sejumlah daerah yang biasa menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.
"Pada hari normal biasa, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal," kata dia.
Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.
Gede memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan.
“Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera,” ungkap dia.
Gede menjelaskan, pihaknya memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran.
Belum lama ini, di sepanjang ruas tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan.
“Kita juga melakukan penambahan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang,” jelas dia.
“Dua tahun terakhir ada peningkatan trafik sebesar 54 persen di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km. kami juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru,” imbuh dia.
Kemudian, terang Gede, lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.
“Saat ini kita memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas,” tandas dia.
Editor : Sidratul Muntaha
Artikel Terkait