Atasi Macet Panjang, Pj Gubernur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang - Betung

Sidra
Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni saat meninjau lalu lintas mudik Lebaran 2024 di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di Pos Betung, Polres Banyuasin atau Simpang Y, Senin (8/4/2024) lalu. (iNewspalembang.id/ist)

PANGKALAN BALAI, iNewspalembang.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel segera mengusulkan pelebaran Jalan Palembang - Betung, terutama di Simpang Y Pasar Betung, Kabupaten Banyuasin.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, usulan tersebut agar tidak terjadi lagi momen kemacetan yang dialami oleh para pemudik yang terjadi pada mudil Lebaran 2024 ini.

"Mudah-mudahan tahun depan di jalur ini kita harap ada pelebaran jalan sedikit. Karena ini jalan nasional akan kami sampaikan usulan ke kementerian PUPR. Sehingga kemacetan tidak terjadi lagi," ujar dia, disela-sela meninjau lalu lintas mudik Lebaran 2024 di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di Pos Betung, Polres Banyuasin atau Simpang Y, Senin (8/4/2024) lalu.

Saat meninjau langsung kondisi di jalan Lintas Sumatera di wilayah Kabupaten Banyuasin tersebut, Fatoni melihat terutama di Pasar Betung KM 67 yang lokasinya rawan kemacetan.

“Ini bisa dilihat bahwa salah satu yang menyebabkan kemacetan adalah adanya penyempitan jalan,” kata dia.

Fatoni mengungkapkan, penyempitan jalan dinilainya bukan menjadi satu-satunya jadi penyebab kemacetan di ruas Palembang-Betung, namun adanya sikap dan ulah saling serobot kendaraan.

Kemudian, ada sejumlah masalah lain sepertinya munculnya pasar tumpah ruah, sehingga banyak kendaraan menggunakan bahu jalan untuk berhenti berbelanja.

"Macet ini karena terjadi penumpukan dan penggabungan arus dari arah Jambi itu, termasuk dari Sekayu bertemu di sini. Begitu juga kendaraan dari Palembang," ungkap dia.

Terkait kemacetan yang terjadi selama masa arus mudik Lebaran 2024 di ruas Palembang-Betung beberapa hari ini, jelas dia, Pemprov Sumsel bersama kepolisian lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP mengurai kemacetan. Langkah antisipasi tersebut akan dilakukan hingga arus balik mendatang.

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network