Lahan Gambut yang Terbakar di Palembang Dekati Pemukiman, Warga di Dua Kelurahan Siaga

SIdra
Tampak api masih membakar lahan gambut di RT 03 Jalan Kampung Serang Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematan Borang, Rabu (27/9/2023) malam. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Kebakaran lahan gambut di Kelurahan Suka Mulya dan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang, Palembang, sejak Senin (25/9/2023) lalu, hingga malam ini belum bisa dipadamkan.

Jauhnya lokasi dari sumber air, 
mengharuskan warga memadamkan api tersebut dengan cara manual dan dengan sumber yang ada. Karena memang lokasi dua kelurahan tersebut 
berada agak jauh dari sungai dan jauh dari jangkauan PDAM.

Hal yang lebih mengkhawatirkan, terbakarnya lahan gambut tersebut sudah mendekati pemukiman penduduk, baik yang ada di perkampungan maupun di perumahan. Kondisi membuat warga terus siaga terhadap ancaman kebakaran di tempat tinggal mereka.

Menurut Marsito, warga RT 05 Kelurahan Karya Mulya, munculnya api itu bermula pada lahan gambut di RT 07 Kelurahan Suka Mulya, senin (25/9/2023) lalu. Kemudian terus merambat hingga ke RT 03 Jalan Kampung Serang Kelurahan Karya Mulya.

"Saat itu (Senin 25/9/2023) warga sudah berusaha memadamkan api itu dengan apa adanya saja. Lalu pada Selasa (26/9/2023) malam, baru ada bantuan dari pemadam kebakaran sebanyak dua unit. Informasi yang ada itu ada sekitar sua unit pemadam kebakaran yang akan masuk di Karya Mulya malam ini," ujar dia.

Marsito memperkirakan, luas lahan yang terbakar di Kelurahan Suka Mulya ada sekitar 3 hektare (Ha) dan di Kelurahan Karya Mulya sekitar 7 Hektare. 

"Kami hanya berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan api ini agar tidak terjadi kebakaran di rumah warga, karena jaraknya sudah dekat. Ini sudah siaga," kata dia.

Sementara, Lurah Karya Mulya, Fitriansyah ST, MSi mengungkapkan, kebakaran lahan di wilayahnya itu diketahui terjadi Rabu (27/9/2023), 
sekitar pukul 14.00 WIB, di sejumlah titik, terutama di Jalan Kampung Serang, RT 03.

"Penyebabnya musim kemarau yang agak lebih panang dan wilayah di kelurahan ini banyak lahan gambut dan  masyarakat sekitar juga tidak mengetahui asal muasal munculnya api ini. Kita sudah berupaya bersama warga sekitar dengan sumber daya yang ada memanfaatkan air dari sumur-sumur warga untuk memadamkan api tersebut," ungkap dia.

Karena cepatnya api itu terbawa oleh angin, jelas Fitriansyah, maka ada beberapa titik yang menjadi titik api baru. Saat ini sekitar pukul 21.25 WIB warga yang dibantu pihak kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas terus bahu membahu memadamkan api.

"Kita juga berupaya dengan minta bantuan Pemadam Kebakaran dari Pemkot Palembang, melalui Unit Pemadam Kebakaran Sako untuk memadamkan beberapa areal di wilayah Kelurahan Karya Mulya, khususnya di RT 03 sampai untuk malam ini," jelas dia.

Dari informasi warga, terang dia, awal mula kebakaran ini berasal dari Kelurahan Suka Mulya RT 07 yang berbatasan langsung dengan Karya Mulya. Karena kebakaran di Kelurahan Suka Mulya sudah terjadi tiga hari ini.

"Sambil menunggu bantuan, kita hanya berupaya mengerahkan warga sekitar untuk melokalisir api melalui penebasan pohon agar api itu tidak merambat hingga perumahan penduduk," tandas dia.

Informasi yang didapat dari warga setempat, hingga saat ini belum ada upaya dari Pemkot Palembang untuk membantu kesehatan warga setempat yang mungkin ada yang terkena ISPA dan lain-lain.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network