Ini Empat Negara di Afrika yang Dikunjungi Presiden Jokowi untuk Pertama Kalinya

Sidra
Presiden Jokowi bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu, Sumut menuju Afrika, Minggu (20/08/2023). (Foto: BPMI Setpres)

DELI SERDANG, iNewspalembang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja pertama di empat negara di kawasan Afrika, Minggu (20/08/2023).

Presiden Jokowi bersama rombongan bertolak ke Afrika dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

“Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika,” ujar dia, sebelum keberangkatan.

Indonesia dan Afrika, ungkap Jokowi, punya hubungan historis yang Panjang, karena Indonesia penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) di tahun 1955.

“Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Nonblok. Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the Global South,” ungkap dia.

Jokowi menjelaskan, Kenya dan Tanzania telah menunjukkan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Karena kedua negara ini telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun yang lalu.

Kemudian untuk Mozambik, sambung dia, merupakan negara Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia.

“Kunjungan ke Afrika Selatan ini untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023. Tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” jelas dia.

“Insyaallah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus,” tandas dia.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network