BMKG : Fenomena Hujan lebat, Angin Kencang dan Puting Beliung Berpotensi Terjadi Tiga Bulan ke Depan

Imantoko Kurniadi
BMKG memprakirakan puncak musim hujan sebagian wilayah Indonesia akan terjadi pada bulan November, Desember, dan Januari nanti. (FOTO: ILUSTRASI/INEWS.ID)

 

JAKARTA, iNewspalembang.id - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut jika Indonesia mulai memasuki musim hujan dengan cuaca ekstrem untuk tiga bulan mendatang. 

BMKG memprakirakan puncak musim hujan sebagian wilayah Indonesia akan terjadi pada bulan November, Desember, dan Januari nanti. 

Ia menyebut jika tren peningkatan curah hujan masih pada fase dini, dan tren ini akan makin meningkat di sebagian besar wilayah Indonesia. 

“Puncak curah hujan bulanan itu diprediksi terjadi di bulan Desember di sebagian wilayah lainnya ada juga di bulan Januari. Meskipun di bulan November mulai ada beberapa wilayah yang memasuki puncak musim hujan,” kata Dwikorita dikutip dari keterangannya lewat laman media sosial resmi BMKG, Senin (10/10/2022)

Oleh karena itu, Dwikorita meminta agar masyarakat tetap waspada terhadap adanya fenomena cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang juga puting beliung yang berpotensi terjadi di wilayah Indonesia.

“Jadi kami tetap memohon waspada yang terjadi saat ini belum puncaknya.  Jadi intensitas hujan ini akan semakin meningkat hingga nanti puncaknya di sekitar bulan November Desember Januari,” kata Dwikorita.

Disamping itu, Dwikorita mengatakan jika puncak musim hujan di wilayah Indonesia tidak seragam. 

“Yang saya katakan Desember, Januari itu sebagian besar dari wilayah Indonesia sekitar 50 persen dari wilayah Indonesia. Nah, sisanya ada yang sudah mencapai puncak di bulan November atau ada yang mencapai puncak baru di bulan Februari ataupun di bulan Maret," pungkasnya. 

Artikel Asli 

https://www.celebrities.id/read/bmkg-perkirakan-puncak-musim-hujan-terjadi-di-november-desember-dan-januari-5ub96N?page=1

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network