get app
inews
Aa Read Next : Potret Kepala BNPB Pantau Titik Api di Sumsel

Gubernur Sumsel Minta UTP Tajamkan Kerjasama Program Unggulan 

Senin, 13 Juni 2022 | 19:00 WIB
header img
Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima Audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Dr Ir Hj Manisah, MP, beserta rombongan di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022).

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru  meminta  Universitas Tridinanti Palembang (UTP)  menajamkan kerjasama dengan Pemprov Sumsel dan memilah program unggulan yang akan dikembangkan.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima audiensi Rektor UTP.DR Ir Hj Manisah, MP beserta rombongan di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022). Deru meminta dan mengarahkan UTP memilah program unggulan yang akan dikembangkan untuk mendukung percepatan capaian pembangunan di Sumsel.

"Penajaman kerja sama UTP dengan Pemprov ini perlu dilakukan lagi, agar jangan terlalu banyak. Misalnya kita unggulkan pertanian. Ini kan bagus, karena akibat konflik di Rusia-Ukraina akan memicu krisis pangan," kata Deru.

Menurutnya, jika UTP fokus di bidang pertanian secara makro mereka bisa mengembangkan produksi alsintan, peningkatan produksi atau marketing.

"Itu yang perlu kita upayakan karena personel kita banyak. Pertama saya rekrut 1.400 sekarang sudah 2.000 orang. Mereka yang akan membina petani jadi lebih bankable dan menjadi petani entrepreneurship," ucap Deru.

Dijelaskan Gubernur, saat ini  riset dari perguruan tinggi  sangat diperlukan. Misalnya bagaimana  sawit di Sumsel yang banyak ini dibuatkan turunannya sehingga kelangkaan migor tidak terjadi di Sumsel.

"Pertajam lagi ini melalui pembicaraan dengan Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan Dinas Ketahanan Pangan. Lakukan riset juga kenapa sekarang orang-orang enggan bertani dan lainnya," ia menuturkan.

 

Ia menambahkan, adanya penajaman kerjasama ini diharapkan MoU yang telah dilakukan Pemprov dengan berbagai universitas memiliki progres, tak lagi MoU tapi menjadi Memorandum of Action (MoA).

Sementara itu, Rektor UTP Dr Ir Hj Manisah, MP mengatakan, kepada Gubernur pihaknya memaparkan beberapa MoU yang telah dilakukan UTP dengan beberapa mitranya termasuk Pemprov Sumsel.

"Beberapa program yang telah dilakukan itu antara lain program inovasi produk unggulan daerah, Kampung Proiklim, Program Merdeka Belajar, serta Program Kampung Literasi secara internal di lingkungan kampus," ia menjelaskan.

Pihaknya  berterima kasih kepada Gubernur Sumsel yang  menerima audiensi dan  memberikan arahan, pihaknya siap mendukung program Pemda terutama  terkait dengan pemberdayaan pertanian.

Manisah menambahkan, pihaknya mengundang Gubernur  Deru  memberikan kuliah umum pada kuliah perdana mahasiswa baru bulan Oktober mendatang.
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut