get app
inews
Aa Read Next : Pangdam II Sriwijaya Tekankan Seluruh Prajurit untuk Jaga Netralitas TNI pada Pemilu 2024

Terapkan SPBE, Solusi Muba Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Selasa, 15 Maret 2022 | 17:10 WIB
header img
Pemkab Muba mendorong implementasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, demi mewujudkan tata Pemerintah dan peningkatan kualitas pelayanan public. (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinkominfo Muba  mendorong implementasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), demi mewujudkan tata Pemerintah dan peningkatan kualitas pelayanan  public.  

Sekda Muba Apriyadi mengatakan , menuju implementasi SPBE tersebut, pihaknya menggelar kegiatan sosialisasi  SPBE dengan menghadirkan narasumber secara virtual dari Dinkominfo Sumedang yang Arief Syamsudin, dan dibuka  Plt Bupati Beni Hernedi diwakili Sekda Apriyadi di ruang rapat Serasan Sekate, Selasa (15/03/2022). Sosialisasi  diikuti  seluruh kepala OPD Muba, dan seluruh Camat secara virtual.

Apriyadi mengatakan, Pemkab Muba mengakomodir SPBE ini dengan menjadikannya  salah satu indikator kinerja utama (IKU) Kabupaten, yang tertuang dalam dokumen pemerintah RPJMD Kabupaten Muba tahun 2017-2022.

Ia menegaskan kepada seluruh OPD agar  membangun komitmen  mensupport penerapan SPBE. Sehingga bisa diaplikasikan maksimal dalam lingkungan Pemkab Muba.

"Perkembangan zaman mengharuskan kita atau institusi menerapkan SPBE dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sebagai instrumen utamanya. Jadi  saya mengajak  seluruh perangkat daerah berkolaborasi dan berkoordinasi  mewujudkan SPBE ini. Mari sama-sama berbenah dan saling menguatkan," ucap Apriyadi.

Sekda juga berharap  penerapan SPBE terintegrasi tersebut segera terimplementasi.  Pemkab Muba melalui Bagian Kerjasama melakukan MOU antara Pemkab Sumedang dengan Pemkab Muba,  dilanjutkan PKS terkait hibah aplikasi dari Diskominfo Sumedang oleh Dinkominfo Muba.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga  menjelaskan kegiatan sosialisasi ini bertujuan  memberikan pemahaman kepada Organisasi Perangkat Daerah tentang penerapan SPBE. Sekaligus tindak lanjut hasil studi komparatif ke Pemkab Sumedang untuk membangun komitmen  bersama dalam menjalankan SPBE  di Pemkab Muba.

Lingga menjelaskan,  pihaknya memilih Diskominfo Kabupaten Sumedang sebagai tempat belajar, karena dari hasil evaluasi Pemkab Sumedang pada  2021 mendapatkan predikat sangat baik dengan indeks 3,52.

"Inilah yang mendorong kita untuk belajar dan mengundang pak Arif Syamsudin sebagai narasumber, agar dapat mentransfer ilmu dan pengalaman yang telah diterapkan di Sumedang agar kami dapat mengaplikasikan di Kabupaten Muba," Lingga menuturkan.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, diperlukan tata kelola yang baik dan bersih, transparan, efektif, efisien dan akuntabel. Lalu pelayanan publik  berkualitas serta terpercaya dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Lebih lanjut, sinergitas dan pedoman sehingga pelaksanaannya dibutuhkan suatu sistem pemerintahan berbasis elektronik.  Dasar pelaksanaan ini sesuai amanat Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan peraturan Bupati nomor 41 tahun 2021, tentang Penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“SPBE ini dilaksanakan dengan prinsip diantaranya efektivitas, keterpaduan, kesinambungan, efisien, akuntabilitas, interoperabilitas dan keamanan," ujar Lingga.

Sedangkan  narasumber Arief Syamsudin dalam paparannya menyampaikan,  SPBE ini menjadi kebijakan nasional sesuai dengan Perpres nomor 95 tahun 2018. Presiden telah menetapkan tiga fokus utama Indonesia yaitu penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, serta transisi menuju energi berkelanjutan.

 

Ia juga mengatakan, agar memperkuat SPBE melalui kolaborasi Satu Data Indonesia (SDI). Kolaborasi SPBE dan SDI merupakan salah satu upaya meningkatkan e-government dan smart city.

Arief meyakini hanya birokrasi yang kuat dan tangguh  bisa mengubah banyak hal di suatu pemerintahan. Dengan birokrasi yang kuat, maka tujuan utama kehadiran pemerintah yaitu mensejahterakan rakyat punya peluang lebih besar untuk dicapai.

Transformasi digital bukan sekadar transformasi, melainkan yang dilaksanakan secara sungguh-sungguh dengan cara yang luar biasa.  Penerapan SPBE ini akan tercapai jika semua perangkat daerah bersatu padu, bersinergitas dan kolaborasi dengan baik.

“Kami siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Muba. Kami yakin, Muba ke depan akan lebih baik dari kabupaten Sumedang,” Arief memungkasi.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut