get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

Nilai Penerapan Sistem Pemerintahan Elektronik Muba Tertinggi di Sumsel

Kamis, 30 Desember 2021 | 19:12 WIB
header img
Plt Bupati Muba Beni Hernedi. (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan nilai tertinggi se Sumatera Selatan (Sumsel) untuk penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal E-Government

 Kadin Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga AP menerangkan, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1503  tanggal 24 Desember 2021 tentang  Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Memutuskan Pemerintah Kabupaten Muba meraih indeks SPBE Tertinggi di Sumsel dengan nilai 2.82 dan Predikat Baik.

Capaian SPBE Muba ini melampaui capaian SPBE Pemprov Sumsel yakni 2.62. Tahun sebelumnya Pemkab Muba di bawah Provinsi Sumsel, kota Palembang, Muaraenim, dan Banyuasin. 

"Tapi di tahun 2021 ini Pemkab Muba meraih nilai tertinggi di Sumsel. Hasil ini semuanya hasil kolaborasi bersama OPD yang tergabung dalam tim SPBE dan kita terus bersinergi ke depannya," kata Herryandi Kamis (30/12/2021).

 Dijelaskannya, tata kelola SPBE adalah kerangka kerja yang memastikan terlaksananya pengaturan, pengarahan, dan pengendalian dalam penerapan SPBE secara terpadu.  Manajemen SPBE adalah serangkaian proses  mencapai penerapan SPBE yang efektif, efisien, dan berkesinambungan, serta layanan SPBE yang berkualitas.

"Layanan SPBE adalah keluaran yang dihasilkan  satu atau beberapa fungsi aplikasi SPBE dan yang memiliki nilai manfaat,"  Lingga menguraikan.

Sementara itu, Plt Bupati Beni Hernedi  mengapresiasi capaian tersebut dan akan terus ditingkatkan. "Ini capaian yang sangat baik,  saya meminta Seluruh OPD Pemkab Muba terus bersinergi bersama dalam penerapan SPBE di Musi Banyuasin dan tingkatkan layanan publik yang lebih baik," kata Beni.

Ia juga meminta dilakukan inovasi-inovasi layanan berbasis IT di OPD masing masing, tetap berkolaborasi bersama dan sistem terintegrasi.   

 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut