get app
inews
Aa Read Next : Kuasa Hukum Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Akuisisi PTBA Sebut JPU Gagal Buktikan Terdakwa

Hasil RUPST PTBA, Pemegang Saham Setujui Penggunaan 75 Persen Laba Bersih Rp4,6 T sebagai Dividen

Rabu, 08 Mei 2024 | 16:45 WIB
header img
Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail saat berbicara pada RUPST PTBA untuk Tahun Buku 2023, di Jakarta, Rabu (8/5/2024). (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Para pemegang saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyetujui penggunaan 75 persen laba bersih Perseroan tahun 2023 sebesar Rp4,6 triliun sebagai dividen.

Hal tersebut tertuang dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PTBA untuk Tahun Buku 2023, di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

"Dalam RUPST ini, pemegang saham menyetujui 75 persen laba bersih Perseroan tahun 2023 sebesar Rp4,6 triliun sebagai dividen. Adapun, 25 persen laba bersih Perseroan tahun 2023 sebesar Rp1,5 triliun digunakan sebagai laba ditahan untuk pengembangan operasional bisnis perseroan ke depan," ujar Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail, Rabu (8/5/2024). 

Arsal mengatakan, sepanjang tahun buku 2023, membukukan pendapatan sebesar Rp38,5 triliun, sehingga mampu mencetak laba bersih Rp6,1 triliun. 

"Pencapaian positif ini merupakan hasil dari upaya Perseroan dalam meningkatkan kinerja operasional sepanjang 2023," kata dia.

Sebagai Anggota Holding Grup MIND ID, ungkap Arsal, total produksi dan pembelian batubara PTBA pada januari-Desember 2023 mencapai 41,9 juta ton, atau tumbuh 13 persen dibanding tahun 2022 yang sebesar 37,1 juta ton.

"Capaian produksi ini berhasil melampaui target sebesar 41,0 juta ton yang ditetapkan pada awal tahun 2023. Kenaikan produksi ini juga diikuti dengan peningkatan volume penjualan batubara menjadi 37,0 juta ton, naik 17 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ungkap dia.

Kemudian, terang Arsal, total aset perusahaan per 31 Desember 2023 sebesar Rp38,8 triliun. Hal itu menjadi modal bagi Perseroan untuk terus menjalankan operasional bisnis secara berkelanjutan.

Pencapaian kinerja operasional bisnis pada tahun 2023, sambung dia, dapat dijaga pada tren positif. Tantangan ekonomi global dan nasional dapat dihadapi dengan implementasi strategi bisnis yang tepat, sehingga mampu mendukung ekspansi kinerja yang lebih berkelanjutan.

“Kami bersyukur perolehan kinerja tahun buku 2023 tetap pada tren yang positif, sehingga kami mampu mendukung penciptaan nilai tambah yang lebih baik pada industri pertambangan Indonesia,” terang dia.


Arsal menambahkan, bahwa tidak ada perubahan susunan pengurus Perseroan untuk periode sekarang.


Komisaris Utama                  : Irwandi Arif

Komisaris Independen          : Andi Pahril Pawi

Komisaris Independen          : Kurnia Toha

Komisaris Independen          : Rahmat Hidayat Pulungan

Komisaris                             : Edmar Piterdono Hamzah

Komisaris                             : Carlo Brix Tewu

 

Dewan Direksi

Direktur Utama                                               : Arsal Ismail

Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko      : Farida Thamrin

Direktur Pengembangan Usaha                       : Rafly Yandra

Direktur Operasi dan Produksi                         : Suhedi

Direktur Sumber Daya Manusia                       : Suherman

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut