get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Terik Sepekan Ini Akibat Fenomena Gelombang Panas, Begini Penjelasan BMKG

Jadi Ancaman Serius dan Nyata, BMKG Dorong WWF Cari Solusi Krisis Air

Selasa, 02 April 2024 | 11:35 WIB
header img
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendorong World Water Forum (WWF) mencari solusi bersama menyelesaikan persoalan krisis air menjadi ancaman serius dan nyata.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, meminta hal tersebut pada momen pertemuan WWF ke-10 yang digelar di Bali pada 18 hingga 25 Mei mendatang.

Dwikorita menyatakan, bahwa untuk mewujudkan keadilan, ketersedian dan kualitas terhadap air saat ini masih belum dipandang adil secara global ataupun regional.

“Inilah yang harus didorong untuk dibahas nanti. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan secara kolaboratif,” ujar dia padam Forum Merdeka Barat 9 (FMB) bertajuk Kolaborasi Tangguh Atasi Tantangan Perubahan Iklim, di Jakarta, Senin (01/04/2024).

Salah satu penyebab utama krisis air, kata Dwikorita, adalah terus meningkatnya emisi gas rumah kaca yang berdampak pada peningkatan laju kenaikan suhu udara.

Akibatnya, sambung dia, proses pemanasan global terus berlanjut dan berdampak pada fenomena perubahan iklim yang dapat memicu krisis air, pangan dan bahkan energi. Kemudian, meningkatnya frekuensi, intensitas dan durasi kejadian bencana hidrometeorologi juga jadi persoalan.

“Data dari World Meteorological Organization (WMO) yang dikumpulkan dari pengamatan di 193 negara, BMKG memproyeksikan beberapa tahun ke depan akan terjadi hotspot air atau daerah kekeringan di berbagai negara,” kata dia.

“Artinya akan banyak tempat yang mengalami kekeringan. Ini bisa terjadi, baik di negara maju maupun berkembang. Baik Amerika, Afrika, dan negara lainnya sama saja (terdampak),” imbuh dia.

Dwikorita mengungkapkan, pada sisi lain ada daerah di dunia yang memiliki debit air sungai melampaui normal atau surplus sedang terjadi kebanjiran. Kondisi ini bukti bagaimana perubahan iklim sedang terjadi di seluruh negara dunia dan akan semakin buruk hasilnya jika tidak dilakukan upaya mitigasi bersama. Namun, untuk saat ini Indonesia belum terdeteksi mengalami hotspot air, namun bukan berarti dalam skala lokal kekeringan tidak terjadi.

“Jika lengah dan gagal memitigasi, diproyeksikan pada 2045-2050 di saat Indonesia memasuki masa emas akan terjadi perubahan iklim dan mengalami krisis pangan,” ungkap dia.

Beberapa waktu lalu, jelas Dwikoranita, Food and Agriculture Organization (FAO) bahkan telah memproyeksikan di tahun tersebut krisis pangan akan menimpa hampir seluruh negara di dunia.

Tidak main-main, kurang lebih 500 juta petani skala kecil yang memproduksi 80 persen sumber pangan dunia menjadi pihak yang paling rentan pada perubahan iklim.

“Cuaca ekstrem, iklim ekstrem, dan kejadian terkait air lainnya telah menyebabkan 11.778 kejadian bencana dalam kurun waktu 1970 hingga 2021,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut