get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

KPU Sebut Hasil Penghitungan Suara di Luar Negeri yang Viral di Media Sosial Informasi Hoaks

Kamis, 08 Februari 2024 | 15:05 WIB
header img
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. (iNewspalembang.id/tangkap layar)

 

 

JAKARTA, iNewspalembang.id – Sejumlah foto berisikan hasil pemungutan suara di negara Malaysia, Taiwan, Singapura, Korea Selatan, Jepang dan Arab Saudi viral di media sosial.

Dalam sejumlah akun di media sosial tersebut menggambarkan hasil pemungutan suara di luar negeri tersebut dimenangkan pasangan calon presiden(capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan, bahwa hasil pemilu luar negeri di berbagai negara belum diumumkan dan beredarnya foto terkait hasil pemilu dipastikan sebagai hoaks.

Gambar yang tersebar itu, sambung Hasyim, adalah hoaks alias berita bohong. Karena pemungutan suara di luar negeri dilakukan lebih awal dengan tiga metode, yakni TPS, Pos, dan Kotak Suara Keliling.

"Penghitungan sura pemilu luar negeri dilaksanakan bersamaan dengan waktu penghitungan suara pemilu dalam negeri yaitu pada tanggal 14-15 Februari 2024," ujar dia pada keterangan tertulisnya, Kamis (8/2/2024).

Berkaca dari hal itu, ungkap Hasyim, bila terdapat hasil penghitungan suara di luar negeri sebelum tanggal 14 Februari merupakan berita bohong dan tak patut dipercaya.

"Bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024. Kami pastikan itu adalah tidak benar," tandas dia.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Viral Foto Hasil Pencoblosan di Luar Negeri, KPU Tegaskan Hoaks ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/viral-foto-hasil-pencoblosan-di-luar-negeri-kpu-tegaskan-hoaks.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut