get app
inews
Aa Read Next : Calon Tunggal Disebut Tak Ideal, Ini Daftar Daerah yang Hadapi Kotak Kosong di Pilkada Serentak 2024

Ada Indikasi Ini, CONSID Tuntut KPU Tak Hapus Sanksi Pembatalan Paslon yang Tak Lapor LPPDK

Selasa, 06 Agustus 2024 | 11:45 WIB
header img
The CONSID tuntut KPU tak menghapus sanksi pembatalan paslon yang tak patuh laporkan LPPDK. (Foto : Humas KPU RI)

JAKARTA, iNewspalembang.id - The Constitutional Democracy Initiative (CONSID) menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak menghapus sanksi pembatalan bagi pasangan calon (paslon) yang tidak patuh dalam melaporkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

“Sebaliknya, KPU seharusnya mengembangkan peraturan dana kampanye, agar kualitas informasi yang disajikan oleh paslon lebih transparan, lebih akuntabel, lebih komprehensif, lebih mudah diakses, dan lebih bermanfaat bagi publik,” ujar Ketua CONSID, Kholil Pasaribu, lewat keterangan resminya, Selasa (6/8/2024).

Seperti diketahui, bahwa dalam rancangan PKPU tentang Dana Kampanye Peserta Pilkada 2024, KPU menghapus sanksi pembatalan bagi paslon yang terlambat melaporkan LPPDK.

Alasan KPU, penghapusan sanksi pembatalan pasangan calon tersebut tidak diatur dalam UU 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (UU Pilkada).

Sebagai gantinya, KPU mengusulkan sanksi bagi paslon yang tidak menyampaikan LPPDK, yakni tidak dapat mengikuti kampanye dan tidak ditetapkan sebagai paslon terpilih sampai paslon yang bersangkutan menyampaikan LPPDK.

“Hal itu merupakan langkah mundur bagi penyelenggaraan pilkada yang bersih dari dana politik kotor. Pembatalan itu juga bertentangan dengan norma hukum, karena sanksi itu dianggap melebihi batas kewenangan yang diberikan UU,” kata dia.

Kholil mengungkapkan, sikap KPU ini setidaknya mengindikasikan empat hal. Pertama, KPU tidak konsisten dengan cara pandang dan sikap hukum yang dilakukan. Satu sisi KPU tidak bisa menerapkan sanksi yang melebihi batas yang diberikan UU, tetapi saat yang sama juga mengatur sanksi yang tidak jelas batas ukurnya.

Jika dinyatakan pasal 75 UU 10/2016 tidak mengatur sanksi pagi paslon yang tidak menyerahkan LPPDK, seharusnya tidak perlu ada sanksi sama sekali yang diberikan.

“Tetapi KPU nyatanya tetap mengatur sanksi, yang jika dinilai, tidak maksimal dan jauh dari prinsip transparansi dan akuntabilitas. Ini artinya, KPU dalam mengatur jenis sanksi memilih sanksi yang teringan bagi paslon yang melanggar,” ungkap dia.

Kholil menjelaskan, hal kedua, penghapusan sanksi pembatalan seperti memberi ruang bagi paslon untuk secara serampangan menerima sumbangan dan mengelola peruntukkannya sehingga membuka ruang hadirnya praktik korupsi dan beredarnya dana ilegal yang lebih besar.

Ketiga, penghapusan sanksi pembatalan paslon sebagaimana telah diterapkan pada pilkada-pilkada sebelumnya, terkesan lembaga penyelenggara pemilu begitu ramah dan mengakomodir kemauan peserta pilkada.

“Keempat, penghapusan itu juga semakin memperkuat penilaian masyarakat bahwa lembaga ini tidak mandiri dalam membuat regulasi dan/atau menjalankan semua tahapan pilkada, inkonsisten, serta minim komitmen pada pilkada bersih dan antikorupsi,” jelas dia.

Kholil menerangkan, bila merujuk pada pelaksanaan pilkada sebelumnya, sanksi pembatalan sudah diberlakukan KPU sejak pilkada serentak tahun 2015 melalui Peraturan KPU No.8 Tahun 2015 tentang Dana Kampanye Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota).

Klausul pembatalan bagi paslon yang tidak melaporkan LPPDK, sambung dia, dalam pelaksanaannya dapat diterima oleh publik dan tidak mendapatkan penolakan dari partai politik maupun pasangan calon serta telah dipatuhi oleh peserta pilkada secara konsisten.

“Itu menjadi sangat aneh dan menimbulkan pertanyaan besar, apa yang melatari sikap KPU yang ingin menghapus ketentuan tersebut dengan alasan tidak diatur dalam UU Pilkada,” terang dia.

Sebagai regulator teknis pilkada, tegas Kholil, sudah jadi kewenangan KPU untuk mengatur sanksi bagi pasangan calon yang tidak mematuhi kewajiban pelaporan dana kampanye sebagaimana diatur dalam UU Pilkada.

Selain itu, KPU sebagai penyelenggara pilkada berkewajiban untuk memastikan asas dan prinsip pilkada yang jujur dan adil diimplementasikan menyeluruh dalam penyelenggaraan pilkada.

“Sudah semestinya KPU tetap menerapkan pengaturan progresif yang sudah sejak lama dipraktikkan dalam penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia,” tegas dia.

Kholil menuturkan, ketentuan dalam UU Pilkada yang mengatur kewajiban bagi peserta pilkada, sudah seharusnya ditindaklanjuti dengan sebuah konsekuensi, yaitu berupa sanksi-sanksi melalui Peraturan KPU, apabila kewajiban tersebut tidak ditaati peserta pilkada.

Jadi aturan tersebut dapat terlaksana dengan baik, seperti ekspektasi UU Pilkada. Sanksi pembatalan bagi paslon yang tidak patuh terhadap pelaporan dana kampanye, selama ini cukup efektif membuat peserta pilkada tertib dalam melaporkan dana kampanyenya.

Di sisi lain, transparansi dana kampanye adalah hak bagi pemilih. Publik berhak mengetahui siapa penyumbang dana, berapa besar jumlah dana, serta bagaimana dana kampanye dibelanjakan oleh paslon.

“Dana kampanye menjadi alat analisis dan alat pengambilan keputusan bagi pemilih untuk menentukan siapa calon yang akan dicoblos nantinya di TPS. Makanya, menghapus sanksi pembatalan juga berarti bahwa KPU menghapus instrumen pemilih untuk menentukan pilihan secara cerdas dan rasional,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut