get app
inews
Aa Read Next : Sidang PHPU Pilpres 2024: Menko PMK Sebut Bagi Bansos Jelang Pemilu Jaga Daya Beli Masyarakat Miskin

Elemen WALHI dan Rakyat Serukan Prinsip Pilah Pilih Pulih pada Pemilu 2024

Selasa, 06 Februari 2024 | 12:35 WIB
header img
Direktur Eksekutif Daerah Walhi Sumsel, Yuliusman (tengah) saat memberikan keterangan pers di Sekretariat WALHI Sumsel, Selasa (6/2/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, Inewspalembang.id – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumsel menyerukan seluruh elemen WALHI bersama rakyat untuk mengamalkan Prinsip Pilah Pilih Pulih.

Menurut Direktur Eksekutif Daerah Walhi Sumsel, Yuliusman, SH, alasan mengamalkan prinsip Pilah Pilh-pilih tersebut, untuk menyikapi dinamika situasi politik pelaksanaan Pemilu 2024 yang mengarah kepada kemunduran demokrasi, penyempitan ruang- ruang sipil, pembangkangan konstitusi dan pelanggengan praktik pengerukan sumber daya alam secara ugal-ugalan.

“Kemudian, memperhatikan kinerja pemerintah yang semakin jauh dari amanah pasal 33 Konstitusi, serta pemilu sebagai momentum rakyat memberikan amanahnya,” ujar dia, Selasa (6/2/2024).

Yuliusman mengatakan, terkait prinsip pilah tentu dengan memilah berdasarkan rekam jejak kejahatan konstitusi, HAM, lingkungan, dan pelanggaran etik; dengan menggunakan nilai dan prinsip WALHI sebagai panduan.

“Tentu dengan mencermati dan membedah visi misi, program dan agenda setiap kandidat Presiden dan Wakil Presiden serta calon anggota legislatif,” kata dia.

“Lalu menelusuri, melihat lebih dalam dan membongkar kepentingan aktor-aktor pendukung dibalik setiap kandidat Presiden, Wakil Presiden, serta calon legislative,” imbuh dia.

Terkait dengan prinsip pilih pulih, ungkap dia, untuk menolak terjebak pada janji, gimmick, pencitraan dan praktik politik transaksional oleh para kandidat yang berwatak curang, culas, dan ugal-ugalan.

“Berkomitmen memilih kader politik hijau yang mengusung agenda platform politik keadilan ekologi, dan berkomitmen untuk terus mengawal agenda perwujudan pulihkan Indonesia,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut