get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Sesuai Jadwal KPU Laksanakan Rekapitulasi Terbuka untuk Tiga Provinsi

Rabu, 13 Maret 2024 | 12:45 WIB
header img
Kantor Komisi Pemilihan Umum RI (FOTO: SINDONEWS)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Pengesahan hasil Pemilu 2024 hingga hari ini telah disahkan sebanyak 16 provinsi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri membacakan tiga provinsi dalam rekapitulasi berjenjang tingkat nasional di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Komisioner KPU August Mellaz menyatakan, bahwa memang hari ini sesuai dengan jadwal, ada dua panel pelaksana rekapitulasi terbuka untuk tingkat nasional, di panel A ada Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

“Untuk panel B ada Provinsi Jawa Timur,” ujar Komisioner KPU August Mellaz, Rabu (13/3/2024).

Mellaz mengatakan, bahwa rekapitulasi nasional ini akan di buka dua panel dan sebelumnya, KPU pernah membuka satu panel saja, karena beberapa jajaran KPU sedang fokus untuk mengurus Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Kuala Lumpur.

"Gak ada sama sekali, justru kan gini kalau dilihat sejak tanggal 9 Maret sampai tanggal tanggal 11 itu kan selalu satu panel. Kan situasinya kebetulan saya dan pak ketua yang jaga, karena pimpinan yang lain sedang fokus untuk PSU di Kuala Lumpur," kata dia.

August Mellaz mengungkapkan, bedasarkan ketentuan Undang-undang, KPU diberikan waktu selama 35 hari setelah hari pemungutan suara, artinya pada tanggal 20 Maret 2024 rekapitulasi sudah harus selesai.

“Namun KPU menargetkan bahwa rekapitulasi akan selesai sebelum tanggal 20 Maret 2024. Kalau target kami malah selesai sebelumnya. Apakah mungkin nanti tanggal 18 Maret,” ungkap dia.

“Karena kan kami juga pantau yang ada di bawah ya, di tingkat provinsi yang sedang berlangsung, tapi relatif sekarang sudah selesai bagian akhir," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut