get app
inews
Aa Read Next : Adam Alis dan Arkhan Fikri Dipulangkan, Ini Daftar 26 Pemain Timnas untuk Piala Asia 2023 Qatar

Ini Alasan Mengapa Gizi Pemain Timnas U-17 Lebih Terjaga di Jerman Dibanding saat di Indonesia

Minggu, 15 Oktober 2023 | 15:35 WIB
header img
Pemain Timnas Indonesia U-17 saat menjalani latihan selama training camp di Jerman. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Asupan gizi yang dikonsumsi seluruh pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17 selama training camp di Jerman, sangat terkontrol dengan baik.

Menurut dokter Timnas U-17, Dicky Mohammad Shofwan, selama pemain berada di Jerman, mereka selalu memerhatikan asupan yang dikonsumsi para pemain.

Bahkan, Dicky sudah menentukan apa saja menu makanan yang harus disantap pemain untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Misal untuk sarapan, pemain harus memakan makanan dengan karbo yang tinggi, karena setelahnya pemain langsung latihan pagi.

“Siangnya (pemain) makan normal, karbo, protein, dan serat seimbang. Untuk malamnya, pemain dianjurkan untuk makan rendah karbo namun tinggi protein sebagai recovery," ujar dia.

Dicky mengungkapkan, menu makanan di Jerman terbilang lebih aman bila dibandingkan dengan di Indonesia. Itu karena banyak makanan di Eropa dimasak dengan direbus hingga di-grill serta minimnya bumbu-bumbu.

"Makanan di Jerman kebanyakan cara olahan dengan direbus atau di-grill sehingga meminimalisasi lemak berlebih yang terkandung dalam makanan," ungkap dia.

Kemudian, jelas Dicky, selain menjaga asupan gizi, selama menjalani pemusatan latihan komposisi tubuh seluruh pemain selalu dipantau, khususnya muscle mass dan body fat.

Hasil dari tes itu, sambung dia, nantinya bisa didiskusikan dengan tim pelatih untuk mengatur para pemain, agar dapat menyeimbangkan nutrisi yang mereka konsumsi, sehingga dapat memaksimalkan potensi di lapangan.

"Biasanya dua minggu sekali kita tes, untuk cek komposisi tubuh para pemain. Dari hasil itu kita bisa tahu apa saja yang harus diperbaiki, terutama untuk muscle dan body fat para pemain," tandas dia.

Timnas Indonesia U-17 sendiri telah menjalani tiga pekan training camp di Jerman untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Selama masa tersebut, pemain dijejali menu latihan keras dan beberapa uji coba dengan hasil yang beragam. 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut