get app
inews
Aa Read Next : Ingin Jadikan Kopi Sumsel Komoditi Andalan, Pj Gubernur Agus Fatoni segera Terbitkan Perda

Resmi Jabat Pj Gubernur Sumsel, Mendagri Ingatkan Agus Fatoni Soal Penanganan Karhutla

Senin, 02 Oktober 2023 | 12:05 WIB
header img
Mendagri Tito Karnavian saat memasangkan cupu ke Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, saat pelantikan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (2/10/2023). (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni, M.Si, resmi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (2/10/2023).

Pelantikan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumsel oleh Mendagri ini  mengacu pada Keputusan Presiden atau Keppres No. 87/P/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Selain melantik Pj Gubernur Sumsel, juga dilakukan pelantikan Pj Ketua Tim (TP)  Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumsel   AP Widyaningtyas Fatoni, oleh Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian. 

Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyatakan, pelantikan PJ Gubernur ini sesuai dengan keputusan Presiden RI tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah mengakhiri masa jabatannya, serta keputusan Presiden RI tentang pengangkatan Pj Gubernur dengan masa jabatan paling lama satu tahun. 

"Penjabat Gubernur Sumsel Pak Agus Fatoni ini memiliki pengalaman menjadi penjabat Gubernur, dimana sebelumnya pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Utara," ujar dia, usai melantik Pj Gubernur Sumsel dan Pj Gubernur Kalimantan Timur.

Tito mengungkapkan, khusus Provinsi Sumsel untuk terus melakukan hal-hal yang menjadi prioritas, seperti pembangunan jalan, pelabuhan, dan yang paling penting dan krusial untuk tindak lanjuti penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Tak lupa saya ucapkan terima kasih untuk pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel Periode 2018-2023 yang telah  mengakhiri masa tugasnya," ungkap dia.

Sementara, Pj Gubernur  Sumsel, Agus Fatoni menjelaskan, setelah resmi dilantik maka segera melaksanakan tugas sesuai dengan  arahan dari Mendagri. 

"Khususnya penurunan stunting, mengendalikan inflasi, penurunan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, serta yang paling utama adalah mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut