get app
inews
Aa
Read Next : Survei LSJ Sebut Sebaran Pemilih Jokowi Dominan Beri Dukungan ke Prabowo Subianto

Giliran LSJ Sebut Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi dari Ganjar dan Anies Baswedan

Kamis, 29 September 2022 | 20:25 WIB
header img
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Lembaga survei secara silih berganti memunculkan hasil-hasil survei mereka terhadap tokoh-tokoh kuat untuk calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Kali ini giliran Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang menyatakan hasil survei yang mereka garap memunculkan nama Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi yakni 31,5 persen.

Sementara nama tokoh-tokoh besar lainnya, yakni di posisi kedua diisi oleh Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 20,8 persen. Berikutnya, Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan 16,9 persen.

Peneliti LSJ Fetra Ardianto menyampaikan, hasil survei dinamika elektabilitas partai politik dan capres menjelang Pemilu 2024, elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih teratas dengan perolehan 31,5 persen.

Sejumlah indikator yang membuat Prabowo masih bertahan pada elektabilitas teratas, ungkap Fetra, karena Prabowo dinilai publik sebagai seorang menteri di bawah kabinet Jokowi yang memiliki kinerja terbaik.

“Bisa kita ketahui bersama bahwasanya Pak Prabowo ini aktif sekali sebagai seorang menteri menggalang kerja sama dengan berbagai negara-negara luar, khususnya terkait dengan diplomasi pertahanan," ujar dia, Kamis (29/9/ 2022).

Fetra menjelaskan, kerja-kerja Prabowo sebagai Menhan, mendapat sorotan hingga dunia internasional membuat publik layak mengharapkannya menjadi Presiden penerus Jokowi.

"Hal itu kemudian membuat kinerja Pak Prabowo ini menjadi seorang menteri yang terbaik," jelas dia.

Kemudian, terang Fetra, pengalaman Prabowo di bidang militer dan bisnis juga menjadi nilai plus bagi Ketua Umun Gerindra itu diidolakan publik. Karena Prabowo dinilai mengetahui apa solusi yang tepat untuk Indonesia terkait dengan ancaman (di bidang pertahanan).

“Kalau latar belakang pebisnis, tentunya ini terkait dengan ekonomi, investasi dan sebagainya. Dan pak Prabowo sudah mendalami hal itu sejak lama," terang dia.

Menurut Fetra, LSJ tak menampik bila hubungan baik yang dibangun Prabowo dengan Presiden Joko Widodo menjadi salah satu indikator bagi publik untuk memilih Prabowo. 

Jadi hal yang wajar jika para pemilih Jokowi akan mendukung Prabowo menjadi Presiden 2024 mendatang.

"Sebab itu Prabowo menjadi salah satu harapan publik untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029 nanti," tandas dia.

Sebelumnya, dalam survei yang dirilis LSJ pada 27 September 2022 lalu, nama Prabowo Subianto tetap bertengger di posisi teratas dengan 31,5 persen. 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Elektabilitas Prabowo Kokoh di Puncak Selama 1,5 Tahun, Kok Bisa? Ini Penjelasannya! ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/elektabilitas-prabowo-kokoh-di-puncak-selama-15-tahun-kok-bisa-ini-penjelasannya/2.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut