get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

Pemkab Muba Sinergi KTNA, Majukan Pertanian Untuk Mandiri Ekonomi

Selasa, 04 Januari 2022 | 22:22 WIB
header img
Plt Bupati Muba, Beni Hernedi soal KTNA. (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba)  bersinergi dengan  Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA)  Muba, untuk  memajukan sektor pertanian di Muba untuk cita-cita mandiri ekonomi.

Plt Bupati  Muba Beni Hernedi berharap  KTNA  Muba  berperan aktif  memajukan sektor pertanian di Muba, yang sudah menjadi program utama Pemkab Muba ke depan. "Ini untuk mewujudkan keinginan  mempersiapkan masa depan Muba  ekonominya bisa mandiri, tidak tergantung dengan pendapatan gas dan minyak bumi. Karena gas dan minyak bumi akan habis seiring waktu," kata  Beni  dalam Audiensi dengan KTNA Muba di Ruang Rapat Serasan Sekate Gedung Pemkab Muba, Selasa (04/01/2022).

Ia mengatakan, sektor pertanian menjadi andalan penting di Muba dan  sudah ditetapkan  tujuan-tujuan pembangunannya. "Saya sudah minta disampaikan kepada OPD-OPD, kesimpulan kami bersama Bappeda dan sudah saya setujui 2023 sampai 2026 itu, ada dua poin yang menjadi tujuan  pembangunan rencana pembangunan Muba," ujar dia.

Rencana tersebut, pertama menguatkan ekonomi daerah untuk mendorong transformasi ekonomi, kedua meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan publik. Hal ini bertujuan mendorong transformasi ekonomi.

"Saya jelaskan visinya adalah ekonomi daerah kita harus ditingkatkan, makanya saya melihat ada tiga sektor utama tambang, migas, pertanian dan pengolahan. Menurut saya kedua sektor ini  perlu ditingkatkan yaitu pertanian dan pengolahan. Jadi struktur ekonomi kita 52 persen pertambangan energi migas, 11 persen pertanian, 10  persen pengolahan. Saya berkomitmen mari bersama-sama fokus  mendorong dan memajukan pertanian," katanya.

Sementara itu, Ketua KTNA Muba, Abusari  menyampaikan, di Kabupaten Muba ada 3.746 kelompok tani yang sudah teregistrasi, sedangkan yang belum teregistrasi hampir lebih dari 1.000 kelompok tani.

"Setiap desanya,  apabila enam sampai sembilan kelompok  menjadi satu gapoktan (gabungan kelompok tani), di Muba terdapat 214 gapoktan.   Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ini adalah mitra utama pemerintah satu-satunya," ucapnya.

Pihaknya   siap mendukung dan bersinergi dengan Pemkab Muba dalam pembangunan disektor pertanian,  serta siap meningkatkan kesejahteraan petani, untuk meningkatkan ketahanan pangan dan daya saing pertanian di Kabupaten Muba.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut